Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Geostrategi Indonesia dan Ketahanan Nasional

Kompas.com - 31/03/2022, 15:00 WIB
Vera Oktaviani,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

Sumber KBBI

KOMPAS.com - Geostrategi adalah upaya memepertahankan kehidupan, eksistensi, dan mewujudkan cita-cita dengan memiliki pemahaman tentang geopolitik dan implementasinya.

Pengertian geostrategi

Dikutip dari buku Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi  (2016) oleh Kaelan, geostrategi diartikan sebagai metode atau aturan-aturan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan melalui proses pembangunan yang memberikan arahan.  

Arahan yang dimaksud yaitu bagaimana membuat strategi pembangunan dan keputusan yang terukur dan terimajinasi guna mewujudkan masa depan yang lebih baik, lebih aman, dan bermartabat. 

Pada pembukaan Undang-Undang Dasar RI 1945 alenia III menjadi landasan fundamental geostrategi Indonesia. Fundamental Indonesia dalam Ilmu hukum disebut sebagai staatsfundamental norm

Isi dari UUD 1945 alinea III, yaitu:

"Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum mencerdaskan kehidupan bangsa."  

Geostrategi Indonesia berkembang dan sangat erat dengan hakikat terbentuknya negara dari berbagai macam suku, etnis, ras, golongan, agama, dan bahkan teritorial

Proses pembentukan bangsa Indonesia adalah proses monopluralis. Maksudnya, manusia terdiri dari berbagai unsur tetapi merupakan satu kesatuan utuh. 

Baca juga: Peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Bela Negara

Prinsip-prinsip nasionalisme dalam geostrategi

Dilansir dari buku Nasionalisme dalam Dinamika Ketahanan Nasional (2019) oleh Armaidy Armawi, berikut beberapa prinsip nasionalisme: 

  • Kesatuan sejarah 

Bangsa Indonesia tumbuh dari kesatuan sejarah dimulai dari zaman pra-sejarah, majapahit, sumpah pemuda, proklamasi, hingga membentuk bangsa Indonesia. 

  • Kesatuan nasib

Semua unsur bangsa Indonesia mengalami nasib yang sama yaitu penderitaan akibat penjajahan. 

  • Kesatuan kebudayaan

Banyak ragam budaya yang membentuk satu kesatuan mencapai puncak kebudayaan nasional Indonesia. 

  • Kesatuan wilayah

Bangsa Indonesia terdiri atas berbagai unsur berbentuk pulau dan lautan yang merupakan satu kesatuan wilayah tumpah darah negara dan bangsa Indonesia. 

  • Kesatuan asas kerohanian 

Terdapat kesatuan ide, tujua, dan cita-cita dalam dasar filosofis negara Indonesia pancasila. 

Geostrategis dijadikan sebagai suatu cara memanfaatkan konstelasi geografi negara Indonesia. geostrategis ini diperlukan dan dikembangkan untuk mewujudkan dan mempertahankan integritas bangsa dan wilayah tumpah darah negara Indonesia, mengingatkan kemajemukan bangsa dan sifat khas. 

Baca juga: Hakikat dan Latar Belakang Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com