Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Tujuan Psikologi Komunikasi?

Kompas.com - 02/03/2022, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comPsikologi komunikasi mengkaji bagaimana jalannya proses komunikasi yang dilihat dari sudut pandang ilmu psikologi.

Ada beberapa manfaat dari mempelajari psikologi komunikasi. Salah satunya membantu memahami lawan bicara, seperti bagaimana sifat dan tingkah lakunya ketika berkomunikasi.

Pada praktiknya, psikologi komunikasi punya dua tujuan utama, yakni mengubah tingkah laku manusia serta mencapai efektivitas komunikasi.

Mengubah tingkah laku manusia

Dilansir dari buku Komunikasi dan Konseling dalam Praktik Kebidanan (2021) oleh Fatma Richa Rahmana, dkk, secara umum, tujuan psikologi komunikasi ialah memunculkan perubahan tingkah laku manusia saat berkomunikasi.

Perubahan tingkah laku ini dapat tercapai dengan bantuan ilmu psikologi komunikasi yang berusaha melihat bagaimana respons pada masa lalu, bisa dipakai untuk meramalkan respons yang akan terjadi pada masa mendatang.

Baca juga: Psikologi Komunikasi: Pengertian dan Penggunaannya

Mencapai efektivitas komunikasi

Dikutip dari buku Pendidikan Ilmu Psikologi (2021) karya Muhammad Hadras, dkk, ketika manusia memahami dan mengerti psikologi komunikasi, mereka akan mampu melihat serta menganalisis berbagai komponen dalam diri komunikator dan komunikan saat berkomunikasi.

Atas hal inilah, keefektifan komunikasi bisa tercapai, di mana komunikan memiliki kesamaan makna pesan seperti yang diharapkan komunikator.

Adapun efektivitas komunikasi tersebut ditandai dengan lima hal penting, yakni pengertian, kesenangan, memengaruhi sikap, hubungan sosial yang baik, serta tindakan.

Berikut penjelasannya yang dilansir dari buku Psikologi Komunikasi (2021) karya Angelia Putriana, dkk:

  1. Pengertian
    Adalah penerimaan rangsangan komunikan terhadap isi rangsangan komunikator.
  2. Kesenangan
    Komunikasi tidak selalu ditujukan untuk menyampaikan informasi, namun juga dilakukan untuk mencari kesenangan. Contohnya, mengucapkan selamat pagi kepada teman atau orang tersayang.
  3. Memengaruhi sikap
    Sikap seseorang bisa dipengaruhi lewat proses komunikasi yang sering disebut persuasi.
  4. Hubungan sosial yang baik
    Artinya komunikasi menumbuhkan hubungan sosial yang baik di antara sesama manusia.
  5. Tindakan
    Selain memengaruhi sikap, komunikasi juga sering dilakukan untuk melahirkan tindakan yang dikehendaki. Hal ini menunjukkan bahwa tindakan merupakan akibat terjadinya proses komunikasi.

Baca juga: 4 Ciri Pendekatan Psikologi Komunikasi Menurut Fisher

Secara umum, psikologi komunikasi ditujukan untuk mengubah sikap dan mencapai efektivitas komunikasi.

Namun, jika dilihat secara spesifik, tujuan psikologi komunikasi juga meliputi upaya memprediksi bagaimana respons dan tingkah laku manusia ketika berkomunikasi, serta upaya mencari tahu sikap yang tepat dalam menghadapi lawan bicara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com