Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunikasi Internal: Pengertian dan Tujuan Komunikasinya

Kompas.com - 03/02/2022, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comKomunikasi internal terjadi di dalam perusahaan atau organisasi. Komunikasi internal sering kali ditujukan untuk memelihara hubungan harmonis antarkaryawan agar merasa dihargai dan ikut memiliki perusahaan.

Dalam organisasi, komunikasi internal bisa berupa komunikasi interpersonal (antara dua orang atau lebih) atau komunikasi kelompok (lebih dari tiga orang).

Pengertian komunikasi internal

Mengutip buku Komunikasi Bisnis (2021) karya Sunarno SastroAdtmodjo, dkk, komunikasi internal adalah proses komunikasi yang terjadi dalam perusahaan. Bentuk komunikasi ini terjadi antarkaryawan, baik sebagai bawahan, sesama rekan, maupun atasan.

Umumnya, komunikasi internal dilakukan untuk mencari tahu informasi mengenai apa yang harus dilakukan karyawan. Namun, tak jarang pula komunikasi ini juga mencakup motivasi, stimulasi ide, dan pencapaian dari target bersama.

Dilansir dari buku Komunikasi Pengembangan Sumber Daya Manusia (2021) karya Eko Sudarmanto, dkk, komunikasi internal bisa dilakukan saat rapat, seminar, pemberian penghargaan, lewat email, dan newsletter.

Komunikasi internal bisa berupa komunikasi formal dan informal. Komunikasi formal adalah proses komunikasi yang mengikuti jenjang hierarki organisasi. Sementara, komunikasi informal didasarkan pada proses komunikasi yang timbul akibat pergaulan sosial.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Publik Internal dan Eksternal Humas?

Tujuan komunikasi internal

Menurut Mike Beard dalam buku Running a Public Relations Department (2001), komunikasi internal berkaitan dengan hubungan organisasi dengan karyawannya.

Tujuan utama komunikasi internal ialah memfasilitasi perekrutan dan memelihara karyawan berkualitas tinggi yang mampu berkontribusi secara positif terhadap kegiatan organisasi atau perusahaan.

Komunikasi internal juga bertujuan untuk meyakinkan para karyawan bahwa mereka akan selalu mendapat informasi, sehingga kinerja dan kepuasan kerjanya juga dapat dimaksimalkan.

Selain itu, komunikasi internal juga ditujukan untuk memelihara hubungan harmonis antarkaryawan agar mereka merasa dihargai dan merasa ikut memiliki perusahaan. Hal ini bisa terwujud melalui serangkaian kegiatan bersama, seperti makan siang bersama, darmawisata, dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com