Kompas.com - 30/11/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi dampak tidak ada perang KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi dampak tidak ada perang

KOMPAS.com – Diperkirakan manusia telah melakukan peperangan sejak 2.700 tahun sebelum masehi. Perang terus berjlanjut setelah masehi hingga pecahnya Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Namun, tahukah kamu apa yang terjadi jika tidak ada perang di dunia?

Dampak positif tidak ada perang

Beberapa dampak positif tidak adanya perang, yaitu:

Tidak ada korban jiwa

Perang yang dilakukan oleh dua buah kubu melalui bentrokan antar prajurit yang mengorbankan nyawa dari kedua belah pihak.

Misalnya Perang Dunia ke-2, menurut situs The National WWII Museum perang tersebut mengakibatkan 15 juta kematian akibat prajurit dan sekitar 45 juta kematian warga sipil.

Jumlah tersebut angka yang sedikit. Apalagi mengingat banyaknya perang selain Perang Dunia ke-2 yang terjadi. Sehingga, dampak jika tidak perang di dunia adalah tidak adanya korban jiwa.

Baca juga: Anak-Anak dalam Perang Dunia I

Berkurangnya perbudakan

Perang menimbulkan banyak perbudakan. Tahanan perang dan warga sipil sering kali terjerat perbudakan dalam perang.

Di mana mereka bekerja untuk bekerja dengan sukarela untuk membantu peperangan. Pada Perang Dunia I dan II, bahkan banyak anak terpaksa bekerja untuk membantu peperangan.

Berkurangnya penderitaan rakyat

Perang ketakutan dan jatuhnya korban jiwa. Selain itu, pertempuran juga mengakibatkan penderitaan rakyat.

Mengutip dari National Geographic, salah satu taktik perang adalah dengan memutus distribusi makanan. Sehingga membuat musuh kekurangan sumber daya. Dengan tidak adanya perang, penderitaan rakyat, terlebih untuk bahan pangan tidak akan terjadi. 

Perdamaian dunia

Tampak tidak ada perang adalah perdamaian dunia. Di mana semua manusia di bumi bisa hidup dengan damai tanpa adanya konflik bersenjata. Tanpa adanya perang, kita tidak perlu merasa ketakutan akan ancaman terjadinya perang.

Baca juga: Fungsi Rakyat dalam Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.