Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Manfaat Garis dalam Kehidupan Sehari-hari?

Kompas.com - 16/11/2021, 09:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comGaris adalah salah satu dasar elemen geometri yang membangun beragam bentuk. Garis dapat berupa garis lurus ataupun garis melengkung. Apa manfaat garis dalam kehidupan sehari-hari?

Mnafaat garis di kehidupan

Berikut adalah contoh manfaat garis dalam kehidupan, beserta penjelasannya:

Garis sebagai petunjuk

Garis dalam kehidupan sehari-hari dapat dimanfaatkan sebagai penujuk. Misalkan garis petunjuk jalan yang menunjukkan arah, garis yang menghubungkan informasi, dan juga garis yang digunakan dalam peta untuk menunjukkan kota, aliran sungai, keberadaan tempat, dan lain sebagainya.

Garis sebagai penanda

Garis juga dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai penanda. Misalnya garis pada lapangan sepak bola dan lapangan olah raga lainnya, pada papan karambol, marka jalan, dan juga garis penanda parkir kendaraan.

Baca juga: Apa yang Terjadi jika Tidak Ada Garis?

Garis membentuk huruf dan angka

Garis bermanfaat untuk membentuk huruf dan juga angka dalam berbagai bahasa. Ada huruf yang hanya tersusun dari garis lurus saja seperti huruf I, A, H, K, L, dan ada juga huruf yang tersusun dari garis lengkung seperti C, U, O, dan juga S.

Menandai hal penting dalam suatu tulisan

Garis juga dapat dimanfaatkan untuk menandai kalimat atau kata yang dianggap penting dalam suatu tulisan.

Garis horizontal bisa ditempatkan tepat dibawah kata atak kalimat yang ditandai. Adapun garis yang digunakan untuk mencoret suatu kata atau kalimat menandakan bahwa kata atau kalimat tersebut adalah salah.

Garis menyusun bentuk geometris

Garis juga bermanfaat untuk menyusun berbagai bentuk geometris. Misalnya kotak, persegi panjang, balok, kubus, trapesium, layang-layang, semuanya menggunakan garis sebagai elemen dasarnya.

Garis sebagai elemen seni

Dilansir dari The Art of Education University, garis adalah elemen desain dan bagian penting dari banyak bentuk seni. Artinya, garis dibutuhkan untuk membuat berbagai bentuk seni, misalnya seni lukis, seni kriya, bahkan seni tari juga terkadang menggunakan garis dalam pola lantainya.

Baca juga: Diagram Garis: Pengertian, Cara Membuat dan Membacanya

Garis sebagai elemen arsitektur

Mengutip dari The Constructor, garis merupakam aspek yang paling ekspresif dan menjadi bahasa universal untuk menggambarkan suatu struktur yang akan dibangun. Garis digunakan untuk menggambar desain bangunan dan juga objek oleh seorang arsitektur.

Contoh gambar arsitektur yang menggunakan garis adalah desain rumah, gedung, penginapan, jembatan, jalan raya, taman kota, jalan tol, rel kereta api, sekolah, fasilitas olahraga, kolam renang, dan berbagai insfrastruktur daerah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com