Kompas.com - 16/11/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi manfaat garis KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi manfaat garis

KOMPAS.comGaris adalah salah satu dasar elemen geometri yang membangun beragam bentuk. Garis dapat berupa garis lurus ataupun garis melengkung. Apa manfaat garis dalam kehidupan sehari-hari?

Mnafaat garis di kehidupan

Berikut adalah contoh manfaat garis dalam kehidupan, beserta penjelasannya:

Garis sebagai petunjuk

Garis dalam kehidupan sehari-hari dapat dimanfaatkan sebagai penujuk. Misalkan garis petunjuk jalan yang menunjukkan arah, garis yang menghubungkan informasi, dan juga garis yang digunakan dalam peta untuk menunjukkan kota, aliran sungai, keberadaan tempat, dan lain sebagainya.

Garis sebagai penanda

Garis juga dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai penanda. Misalnya garis pada lapangan sepak bola dan lapangan olah raga lainnya, pada papan karambol, marka jalan, dan juga garis penanda parkir kendaraan.

Baca juga: Apa yang Terjadi jika Tidak Ada Garis?

Garis membentuk huruf dan angka

Garis bermanfaat untuk membentuk huruf dan juga angka dalam berbagai bahasa. Ada huruf yang hanya tersusun dari garis lurus saja seperti huruf I, A, H, K, L, dan ada juga huruf yang tersusun dari garis lengkung seperti C, U, O, dan juga S.

Menandai hal penting dalam suatu tulisan

Garis juga dapat dimanfaatkan untuk menandai kalimat atau kata yang dianggap penting dalam suatu tulisan.

Garis horizontal bisa ditempatkan tepat dibawah kata atak kalimat yang ditandai. Adapun garis yang digunakan untuk mencoret suatu kata atau kalimat menandakan bahwa kata atau kalimat tersebut adalah salah.

Garis menyusun bentuk geometris

Garis juga bermanfaat untuk menyusun berbagai bentuk geometris. Misalnya kotak, persegi panjang, balok, kubus, trapesium, layang-layang, semuanya menggunakan garis sebagai elemen dasarnya.

Garis sebagai elemen seni

Dilansir dari The Art of Education University, garis adalah elemen desain dan bagian penting dari banyak bentuk seni. Artinya, garis dibutuhkan untuk membuat berbagai bentuk seni, misalnya seni lukis, seni kriya, bahkan seni tari juga terkadang menggunakan garis dalam pola lantainya.

Baca juga: Diagram Garis: Pengertian, Cara Membuat dan Membacanya

Garis sebagai elemen arsitektur

Mengutip dari The Constructor, garis merupakam aspek yang paling ekspresif dan menjadi bahasa universal untuk menggambarkan suatu struktur yang akan dibangun. Garis digunakan untuk menggambar desain bangunan dan juga objek oleh seorang arsitektur.

Contoh gambar arsitektur yang menggunakan garis adalah desain rumah, gedung, penginapan, jembatan, jalan raya, taman kota, jalan tol, rel kereta api, sekolah, fasilitas olahraga, kolam renang, dan berbagai insfrastruktur daerah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.