Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Sukses Berwirausaha

Kompas.com - 29/10/2021, 14:30 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Berwirausaha dan membangun usaha sendiri adalah impian banyak orang. Namun, kesuksesan dalam berwirausaha bukanlah hal yang mudah didapatkan.

Apakah kunci kesuksesan dalam berwirausaha? Sebutkan lima kunci sukses berwirausaha!

Kunci sukses berwirausaha 

Lima kunci sukses dalam berwirausaha adalah tekun, komitmen, pola pikir positif, kreatif dan inovatif, juga kepemimpinan yang baik. Berikut penjelasannya: 

Tekun

Salah satu kunci kesuksesan dalam berwirausaha adalah tekun. Merintis usaha bukanlah hal yang mudah, sehingga usaha harus ditekuni.

Selain tekun melakukan usaha, wirausaha juga harus tekun dalam mempelajari hal baru dan membangun jaringan bisnis.

Baca juga: 10 Karakteristik Wirausaha Menurut Bygrave

Komitmen

Dilansir dari Forbes, komitmen secara mental pada perusahaan sangatlah penting bagi wirausaha. Komitmen melahirkan rasa tanggung jawab dalam usaha yang dibangin.

Artinya semua keputusan dalam usaha yang hasilnya sukses maupun gagal adalah tanggung jawab seorang pengusaha.

Selain itu, ia bertanggung jawab untuk membangun, mencegah kehancuran, mengembangankan, dan membuat perusahaannya bersinar di masa sulit sekalipun. Komitmen mebuat pengusaha disiplin dalam menjankan bisnisnya untuk mencapai kesuksesan.

Pola pikir positif

Pola pikir positif adalah kunci kesuksesan dalam berwirausaha. Dengan pola pikir yang positif, seseorang menjadi lebih percaya diri, berani dalam mengambil keputusan, juga membuka potensi-potensi dalam diri.

Mengutip dari Entrepreneur, berpikir, merasakan, dan memilih pikiran kita adalah faktor terpenting dan fundamental yang membentuk realitas kita. Artinya, dirimu adalah apa yang kamu pikirkan.

Pola pikir positif akan membangun kekuatan pada diri sendiri. Dan sebaliknya, pola pikir yang negatif justru menutup potensi diri, membuat kita merasa rendah diri, menyerah, dan ketakutan untuk mengembil langkah.

Baca juga: Contoh Karakter Wirausaha yang Kreatif dan Inovatif serta Cara Melatihnya

Kreatif dan inovatif

Kreatif dan inovatif merupakan kunci kesuksesan dalam berwirausaha. Dunia usaha atau bisnis sifatnya dinamis atau selalu berubah-ubah. Perubahan usaha dapat dikarenakan perubahan zaman, kondisi keuangan, munculnya saingan, ataupun perubahan pasar.

Sehingga seorang wirausaha harus beradaptasi untuk membuat bisnisnya tetap tegar dalam perubahan tersebut. berpikir secara kreatif dan inovatif adalah caranya.

Menyadur dari Harvard Business School Online, kreatif dan inovasi adalah kerampilan berpikir strategis untuk menemukan peluang inovatif yang dapat memosisikan usaha anda untuk sukses.

Suatu usaha yang kreatif dan inovatif sesuai dengan perkembangan zaman akan terlihat menonjol di mata konsumen. Sehingga, konsumen memiliki ketertarikannya sendiri pada perusahaan tersebut dibandingkan pesaingnya.

Baca juga: 8 Syarat Menjadi Wirausaha Sukses

Kepemimpinan yang baik

Seorang pengusaha yang sukses harus memiliki kepemimpinan yang baik. Pemimpin yang baik dapat melihat kekurangan dan kelebihan usaha dan mencoba membangun tim yang solid.

Seorang pemimpin yang baik juga mampu tegas dalam mengambil keputusan dan juga mengelola sumber daya usahanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com