Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dampak Tidak Melaksanakan Kewajiban Menciptakan Lingkungan Sehat

Kompas.com - 29/10/2021, 14:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Setiap individu memiliki kewajiban yang harus ditunaikan untuk menjaga lingkungan sekitar rumah agar tetap sehat. Apa akibatnya jika kamu tidak melaksanakan kewajiban dalam menciptakan lingkungan rumah yang sehat?

Dampak buruk yang timbul akibat tidak melaksanakan kewajiban menjaga lingkungan rumah yang sehat adalah sebagai berikut:

Rumah menjadi kotor dan bau

Jika tidak menjaga lingkungan rumah yang sehat, rumah menjadi kotor karena sampah yang berserakan dan debu yang tidak dibersihkan. Sampah yang berserakan biasanya terdiri dari banyak bahan organik yang bisa membusuk.

Dilansir dari Compound Interest, penguraian bahan organik oleh mikroorganisme menghasilkan serangkaian senyawa kimia yang berbau tidak sedap.

Sehingga sampah yang menumpuk di lingkungan rumah, membuat rumah berbau tidak sedap dan mengganggu.

Baca juga: Ciri-ciri Lingkungan Sehat

Rumah menjadi tidak nyaman dan menurunkan produktivitas

Rumah yang tidak terjaga kebersihan dan kesehatannya, akan membuat tidak nyaman ditinggali.

Stephanie McMains dan Sabine Kastner dalam jurnal Interactions of Top-down and Botto-ip Mechanisms in Human Visual Cortex (2011) menyebutkan bahwa ruangan yang berantakan membuat lebih sulit untuk fokus.

Kesulitan untuk fokus pada suatu pekerjaan dapat menurunkan produktivitas. Selain sulit fokus, rumah yang kotor juga dapat menyebabkan beberapa gangguan psikologis.

Mengutip Healthline, rumah yang kotor dan berantakan dapat meningkatkan perasaan tertekan yang dapat menyebabkan depresi.

Menjadi sarang serangga dan tikus

Lingkungan rumah yang tidak sehat dan kotor menarik perhatian tikus dan juga serangga seperti lalat dan kecoa untuk masuk ke dalam rumah. Hewan-hewan tersebut kemudian akan membuat sarang dalam rumah.

Baca juga: Cara Agar Lingkungan Sehat dan Terhindar dari Bencana Alam

Menjadi sumber penyakit

Masuknya tikus, kecoa, dan serangga lainnya ke dalam rumah bisa menjagi agen penyebaran penyakit.

Menyadur dari Centers for Disease Control and Prevention, penyakit yang dapat tikus adalah hantavirus, demam hemorrhagic, demam lassa, leptospirosis, demam gigitan tikus, lymphocytic chorio-meningitus, tularemia, dan juga salmonella.

Membuat lingkungan sekitar tercemar

Akibat lainnya yang terjadi jika tidak melaksanakan kewajiban dalam menciptakan lingkungan rumah yang sehat adalah ikut tercemarnya lingkungan sekitar rumah. Rumah yang kotor dan tidak sehat akan membuat lingkungan sekitarnya juga ikut kotor dan tidak sehat.

Lingkungan rumah yang bauk, kotor, dan tidak sehat tidak hanya memengaruhi penghuni rumah.

Namun, juga tetangga dan orang sekitar. Tidak melaksanakan kewajiban memelihara lingkungan rumah, akan membuat kita tidak disukai oleh tetangga. Karena tetangga juga akan terdampak oleh masalah tidak sehat yang disebabkan kotornya rumah kita.

Baca juga: Kewajiban terhadap Lingkungan Sekitar Rumah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com