Kompas.com - 19/10/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi hemat listrik freepik.com/pch.vectorIlustrasi hemat listrik

KOMPAS.com - Energi listrik sangat berperan penting di era globalisasi saat ini. Karena listrik digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Menurut Indra Overland dalam jurnal Energy: The Missing Link in Globalization (2016), energi listrik termasuk dalam kelompok sumber daya yang sangat berkontribusi besar bagi globalisasi dunia.

Bersama dengan jenis sumber daya energi lainnya, listrik membantu perkembangan globalisasi di dunia dengan meningkatkan interaksi atau hubungan timbal balik antar berbagai negara.

Apa peran energi listrik di era globalisasi saat ini?

Di era globalisasi saat ini, energi listrik berperan untuk mencukupi kebutuhan manusia. Listrik digunakan untuk menyalakan berbagai peralatan elektronik, seperti televisi, radio, komputer, lampu, mesin cuci, dan masih banyak lagi.

Listrik juga berperan untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Energi listrik juga berperan untuk memberi kemudahan kepada manusia dalam menjalankan aktivitasnya.

Baca juga: Contoh pemakaian Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari buku Dasar Teknik Listrik (2018) karya Hantje Ponto, dibanding sumber energi lainnya, listrik cenderung lebih mudah diubah ke bentuk energi lainnya. Sehingga energi listrik lebih mudah dimanfaatkan di setiap alat atau teknologi yang ada.

Contohnya kipas angin yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Contoh lainnya kompor listrik yang mengubah energi listrik menjadi energi panas.

Peran energi listrik di era globalisasi saat ini memanglah sangat besar. Tanpa adanya listrik, aktivitas manusia di era globalisasi pasti akan terhambat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.