Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peran Energi Listrik di Era Globalisasi Saat Ini

KOMPAS.com - Energi listrik sangat berperan penting di era globalisasi saat ini. Karena listrik digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Menurut Indra Overland dalam jurnal Energy: The Missing Link in Globalization (2016), energi listrik termasuk dalam kelompok sumber daya yang sangat berkontribusi besar bagi globalisasi dunia.

Bersama dengan jenis sumber daya energi lainnya, listrik membantu perkembangan globalisasi di dunia dengan meningkatkan interaksi atau hubungan timbal balik antar berbagai negara.

Apa peran energi listrik di era globalisasi saat ini?

Di era globalisasi saat ini, energi listrik berperan untuk mencukupi kebutuhan manusia. Listrik digunakan untuk menyalakan berbagai peralatan elektronik, seperti televisi, radio, komputer, lampu, mesin cuci, dan masih banyak lagi.

Listrik juga berperan untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Energi listrik juga berperan untuk memberi kemudahan kepada manusia dalam menjalankan aktivitasnya.

Dikutip dari buku Dasar Teknik Listrik (2018) karya Hantje Ponto, dibanding sumber energi lainnya, listrik cenderung lebih mudah diubah ke bentuk energi lainnya. Sehingga energi listrik lebih mudah dimanfaatkan di setiap alat atau teknologi yang ada.

Contohnya kipas angin yang mengubah energi listrik menjadi energi gerak. Contoh lainnya kompor listrik yang mengubah energi listrik menjadi energi panas.

Peran energi listrik di era globalisasi saat ini memanglah sangat besar. Tanpa adanya listrik, aktivitas manusia di era globalisasi pasti akan terhambat.

https://www.kompas.com/skola/read/2021/10/19/160000269/peran-energi-listrik-di-era-globalisasi-saat-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke