Kompas.com - 15/10/2021, 09:00 WIB
Radio: Salah satu benda elektronik yang berperan dalam globalisasi. freepik.com/ visnezhRadio: Salah satu benda elektronik yang berperan dalam globalisasi.

KOMPAS.com – Listrik berperan besar atas terjadinya globalisasi. Banyak benda untuk memnuhi kebutuhan manusia yang memerlukan listrik untuk menyala dan penggunaan benda tersebut mendorong terjadinya globalisasi.

Dilansir dari National Geographic, globalisasi adalah meningkatkanya hubungan atau interaksi dari berbagai belahan dunia.

Lalu benda-benda apa saja yang menggunakan energi listrik dan berperan atas terjadinya globalisasi? Benda-benda tersebut tentunya alat elektronik yang dapat meningkatkan interaksi manusia. Contohnya seperti: 

Radio

Radio merupakan media massa yang membutuhkan listrik untuk menyala. Radio menyiarkan berbagai macam informasi ke masyarakat, menghubungkan manusia dalam jangkauan siarannya, dan mendorong terjadinya globalisasi.

Baca juga: Pengaruh Listrik dan Perkembangan Teknologi terhadap Terjadinya Globalisasi

Ilustrasi pengaruh positif dan negatif informasi pendidikan di televisi. canva.com Ilustrasi pengaruh positif dan negatif informasi pendidikan di televisi.
Televisi

Televisi merupakan media massa yang membutuhkan listrik untuk menyala. Televisi menjadi media penyiaran informasi yang mendorong terjadinya globalisasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan televisi, kita bisa mengetahui budaya, kebiasaan, peristiwa, dan informasi lainnya yang terjadi di belahan bumi lain.

Menurut jean K. Chalaby dalam Television for a New Global Order: Transnational Networks and the Formation Global System (2003) jaringan televisi internasional telah menantang hubungan-hubungan tradisional antara televisi dengan negara bangsa melalui jangkauan siarannya yang transansional.

Artinya, siaran televisi dapat mendorong interaksi atau hubungan politik maupun sosial budaya antar negara-negara dalam jangkauan siarannya.

Baca juga: Proses Terjadinya Globalisasi

Ilustrasi dampak ditemukannya komputerfreepik.com/pch.vector Ilustrasi dampak ditemukannya komputer
Komputer

Komputer merupakan satu lagi benda yang menggunakan listrik dan berperan dalam globalisasi.

Sejak ditemukan, komputer terus berkembang semakin canggih dan menciptakan berbagai jaringan komputer. Salah satu jaringan komputer yang memiliki peran penting dalam globalisasi adalah internet.

Mengutip dari Statista, pada Januari 2021 ada sekitar 4,66 miliar pengguna internet. Artinya, kompoter internet telah menghubungkan lebih dari setengah total manusia yang ada di planet bumi. Memungkinkan berbagai informasi dalam bentuk suara, tulisan, juga audio-visual tersebar ke seluruh dunia.

Pertukaran informasi tersebut meningkatkan interaksi dan hubungan antarmanusia yang mendorong terjadinya globalisasi. Tidak hanya menghubungkan masyarakat, media internet juga mengubah politik di seluruh dunia.

Menurut Dov Shinar dalam Media Diplomacy and ‘Peace talk”: The Middle East and the Nothern Ireland (2000), media telah mengubah karakteristik umum diplomasi dan komunikasi internasional.

Sehingga internet komputer bisa mendorong hubungan antar negara dan meningkatkan interaksi antar manusia.

Baca juga: Mengapa Indonesia Menjadi Rebutan Dunia di Era Globalisasi?

Telepon genggam

A. Hermawanto dan M. Anggraini dalam buku Globalisasi, Revolusi Digital, dan Lokalitas: Dinamika Internasional Domestik di Era Borderless World (2020) menyebutkan bahwa teknologi komunikasi membantu terciptanya masyarakat virtual secara global.

Di mana telepon genggam mendorong interaksi manusia di seluruh dunia secara virtual atau tidak perlu bertatap muka. Penyebaran informasi terjadi ke berbagai belahan dunia tanpa harus melintasi jarak secara fisik.

Ilustrasi alat transportasifreepik.com Ilustrasi alat transportasi
Alat transportasi

Alat transportasi adalah salah satu benda yang berperan besar dalam globalisasi. Alat transportasi memungkinkan manusia berpergian ke wilayah manapun di dunia, mengirim, dan menerima produk dari berbagai behalan dunia.

Biarpun tidak terlihat membutuhkan listrik melainkan bahan bakar, sebenarnya alat transportasi adalah benda yang menggunakan listrik.

Baca juga: Dampak Positif dan Negatif Globalisasi bagi Indonesia

Alat transportasi seperti mobil, motor, pesawat terbang, bus, dan kereta merubah energi kimia dalam bahan bakar menjadi energi listrik. Energi listrik kemudian menyalakan mesin dan membuat alat transportasi dapat bekerja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.