Kompas.com - 14/10/2021, 17:00 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.

KOMPAS.comGlobalisasi dapat terjadi karena kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai bidang. Kemajuan tersebut mendorong sikap saling ketergantungan antarnegara.

Walau sering dikaitkan dengan masyarakat modern, namun beberapa ahli memperkirakan bahwa globalisasi telah terjadi di akhir abad ke-19 serta awal abad ke-20.

Menurut Patta Rapanna dan Yana Fajriah dalam buku Menembus Badai Ekonomi dalam Perspektif Kearifan lokal (2018), secara bahasa, globalisasi berasal dari kata global dan sasi. Global berarti mendunia, sedangkan sasi adalah proses.

Jadi globalisasi dapat diartikan sebagai proses suatu hal yang mendunia. Globalisasi menghilangkan batasan yang ada, sehingga masyarakat di berbagai negara dapat terhubung satu sama lain.

Bagaimana globalisasi dapat terjadi?

Baca juga: Mengapa Indonesia Menjadi Rebutan Dunia di Era Globalisasi?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Proses globalisasi dapat terjadi

Mengutip dari buku Pengantar Ringkas Sosiologi: Pemahaman, Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial (Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya) (2020), proses globalisasi diawali dengan hubungan perdagangan antarbangsa.

Saat itu banyak negara yang menyadari bahwa ada kebutuhan yang tidak dapat dipenuhi dengan sumber daya yang dimilikinya. Agar dapat memenuhi kebutuhannya, negara-negara di dunia saling berhubungan untuk bekerja sama di bidang perdagangan.

Proses globalisasi semakin berkembang. Ditandai dengan penyebaran agama serta ilmu pengetahuan lewat perdagangan antarnegara.

Semenjak saat itu, banyak teknologi mulai diciptakan. Beberapa di antaranya merupakan cikal bakal dari teknologi yang sampai saat ini digunakan, seperti internet, telepon, transportasi serta komputer.

Seiring berjalannya waktu, globalisasi semakin maju dari masa ke masa. Hal ini dibuktikan dengan keterlibatan berbagai negara di dunia dalam perdagangan yang sifatnya lebih bebas.

Perdagangan tersebut semakin mengaburkan batas antarnegara, sehingga interaksi dan sifat saling ketergantungan masih berlanjut hingga saat ini.

Baca juga: Dampak Positif dan Negatif Globalisasi bagi Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.