Kompas.com - 05/10/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi menyusun teks eksposisi KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi menyusun teks eksposisi

KOMPAS.comTeks eksposisi adalah salah satu jenis teks dalam bahasa Indonesia. Engkos Kosasih dalam buku Dasar-dasar Keterampilan Bersastra (2012) menyebutkan teks eksposisi adalah karangan yang mempunyai tujuan untuk memberikan informasi tentang sesuatu sehingga bisa memperluas pengetahuan pembaca.

Langkah menyusun teks eksposisi

Dalam buku Menulis Karya Ilmiah (2015) oleh Dalman, langkah-langkah suatau teks eksposisi adalah menentukan topik, menentukan tujuan, mendapatkan data yang sesuai dengan topik, membuat kerangka karangan, mengembangkan kerangka karangan menjadi eksposisi.

Berikut penjelasannya:

  • Menentukan topik

Langkah awal dalam menyusun teks eksposisi adalah menentukan topik atau tema yang akan dibahas dalam teks eksposisi.

  • Menentukan tujuan

Dalam menyusun suatu paragraf eksposisi langkah yang dilakukan setelah menentukan topik adalah menentukan tujuan utama dibuatnya teks eksposisi.

Tujuan eksposisi nantinya membantu menciptakan batasan permasalahan atau batasa topik. Sehingga, teks berfokus membahas suatu tujuan dengan jelas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Perbedaan Teks Anekdot dan Teks Eksposisi

  • Mendapatkan data yang sesuai dengan topik

Setelah topik dan tujuan ditentukan, langkah selanjutnya adalah mendapatkan data yang sesuai dengan topik pembahasan.

Data didapatkan dari berbagai metode seperti studi literatur (dari buku, jurnal ilmiah, dan karya tulis lainnya), wawancara, juga pengisian angket.

Yang jelas, data yang didapat harus sesuai dengan topik dan dapat menguraikan tujuan teks eksposisi dengan baik.

Data yang didapat sifatnya harus obyektif, faktual, dan juga aktual, sehingga bisa memberikan informasi yang baik bagi pembacanya.

  • Membuat kerangka karangan

Tahap akhir prapenulisan teks eksposisi adalah membuat kerangka karangan. Kerangka karangan adalah rencana penulisan karangan dengan cara merangkai ide, gagasa, juga data yang di dapat menjadi suatu alur teks.

Di mana, suatu gagasan dengan gagasan lainnya saling berkesinambungan. Dan data yang didapat juga menguatkan ide serta gagasan dengan runut dan tepat.

Baca juga: Contoh Teks Eksposisi tentang Covid-19

  • Mengembangkan kerangka karangan menjadi eksposisi

Mengembangkan kerangka karangan menjadi eksposisi adalah tahap pertama penulisan paragraf eksposisi.

Engkos Kosasih dalam buku Dasar-dasar Keterampilan Bersastra (2012) mengejelaskan bahwa mengembangkan kerangka dilakukan dengan cara mengubah topik (ide dan gagasan) menjadi suatu kalimat yang jelas.

Kalmat-kalimat ide tersebut kemudian dirangkai satu-sama lain dengan menambahkan kalimat transisi ataupun kalimat lainnya agar menjadi suatu paragraf yang utuh.

Gorys Keraf dalam buku Eksposisi dan Deskripsi (1981) menyebutkan, ciri eksposisi yaitu menggunakan gaya bahasa yang bersifat informatif.

Sehingga teks eksposisi harus ditulis agar pembaca mendapatkan informasi dengan baik. kalimat-kalimat gagasan disusun dengan alur yang logis, berkesinambungan, dan menggunakan kalimat yang lugas.

Kalimat dalam teks eksposisi juga harus bersifat netral. Artinya, teks eksposisi tidak memihak suatu pihak, tidak memancing emosi, dan tidak menggiring persepsi pembacanya untuk memihak sesuatu.

Baca juga: Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.