Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Teks Eksplanasi tentang Makanan Sehat

Kompas.com - 08/09/2021, 14:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comTeks eksplanasi digunakan untuk menjelaskan sebuah fenomena atau peristiwa. Jenis teks ini memiliki fungsi sosial, yakni menjelaskan kepada masyarakat mengenai proses terjadinya suatu hal, disusun berdasarkan konsep sebab-akibat.

Dikutip dari buku Tekun Berbahasa Indonesia (2020) karya Churin In Nabilah, teks eksplanasi merupakan jenis teks yang berisikan penjelasan mengenai fenomena, peristiwa atau suatu hal yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Fenomena ini bisa dalam bentuk pendidikan, sosial, budaya, ekonomi, politik, hukum, dan masih banyak lagi. Teks eksplanasi menjelaskan secara mendalam mengenai proses dan urutan terjadinya peristiwa.

Menurut Taufiqur Rahman dalam buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan (2018), struktur teks eksplanasi terdiri atas:

  1. Pernyataan umum
    Isinya berupa informasi singkat tentang hal yang akan dibicarakan. Dalam bagian ini harus disampaikan tentang proses, kenapa, dan bagaimana hal tersebut dapat terjadi.
  2. Deretan penjelasan
    Isinya berupa uraian atau penjelasan tentang terjadinya sebuah peristiwa. Uraian ini disampaikan secara urut, dapat berdasarkan waktu, atau berdasarkan proses.
  3. Interpretasi
    Isinya berupa pendapat singkat penulis mengenai peristiwa tersebut. Pendapat ini berisikan kesimpulan atau penegasan dari keseluruhan isi teks.

Baca juga: Contoh Teks Negosiasi Antara Guru dan Siswa Tentang Pengumpulan Tugas

Contoh teks eksplanasi tentang makanan sehat

Contoh 1:

Jenis Makanan Sehat

Pernyataan umum

Tubuh manusia membutuhkan asupan nutrisi. Asupan ini bisa didapat dari mengonsumsi makanan sehat setiap hari. Makanan sehat bisa diolah sendiri atau membeli makanan yang sudah jadi dan dapat dipastikan memang sehat.

Deretan penjelasan

Dilansir dari situs Minnesota Food Charter, makanan sehat adalah makanan yang segar dan bisa meningkatkan nutrisi dalam tubuh ketika dikonsumsi. Makanan sehat biasanya mengandung gizi seimbang yang baik untuk tubuh.

Ada banyak jenis makanan sehat yang dapat dikonsumsi tubuh, yakni:

  1. Sayuran
    Kita bisa menemukan sayuran di pasar, supermarket atau gerai perbelanjaan. Terlebih lagi ada banyak jenis sayuran yang bisa dikonsumsi tiap harinya, seperti brokoli, bayam, wortel, sawi, kangkung, dan masih banyak lagi.
  2. Telur
    Kita juga bisa menemukan telur di pusat perbelanjaan. Telur menjadi salah satu makanan sehat karena mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh, asalkan tidak dikonsumsi berlebihan.
  3. Buah
    Makanan sehat ini bisa ditemui di mana saja, bahkan kita bisa menanamnya sendiri. Buah kaya akan vitamin dan nutrisi baik untuk tubuh. Buah bisa dikonsumsi langsung, ataupun diolah menjadi makanan lainnya.
  4. Daging
    Selain sayuran, telur, dan buah, daging ternyata juga termasuk makanan sehat. Daging mengandung banyak protein dan zat besi yang baik untuk tubuh. Lebih baik sajikan daging tanpa lemak. Daging bisa diolah menjadi berbagai makanan.

Interpretasi

Ada banyak jenis makanan sehat yang bisa kita temui di lingkungan sekitar kita. Konsumsi makanan sehat tiap harinya untuk menjaga nutrisi dalam tubuh. Pastikan untuk memakan makanan sehat yang sudah diolah dengan baik.

Baca juga: Contoh Teks Persuasi Beserta Strukturnya

Contoh 2:

Manfaat Mengonsumsi Makanan Sehat

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com