Contoh Teks Eksposisi Singkat Beserta Strukturnya

Kompas.com - 26/11/2020, 11:30 WIB
Ilustrasi contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya. KOMPAS.com/ARUM SUTRISNI PUTRIIlustrasi contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya.

KOMPAS.com - Teks eskposisi adalah penyampaian pendapat tanpa bertujuan untuk memengaruhi. Berikut ini contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya:

Teks eksposisi adalah jenis teks yang memberi informasi, identifikasi, dan keterangan sejelas-jelasnya tentang obyek. Tanpa memaksa orang lain untuk meyakini gagasan yang disampaikan penulis.

Penulis menyajikan fakta dan gagasan dengan baik dan mudah dipahami pembaca.

Teks ini lebih menitikberatkan pada penjelasan hakikat suatu hal, menerangkan proses pertalian suatu hal dengan hal lainnya.

Baca juga: Teks Eksposisi: Ciri, Struktur dan Jenisnya

Dalam Keterampilan Menulis (2016) karya H. Dalman, teks eksposisi adalah karangan yang menjelaskan atau memaparkan pendapat, gagasan, keyakinan yang memerlukan fakta yang diperkuat angka, statistik, peta dan grafis, tetapi tidak bersifat memengaruhi pembaca.

Struktur dalam teks eksposisi terdiri atas:

  • Tesis: pernyataan pendapat. Biasanya berisi teori yang akan diperkuat oleh argumen. Pada bagian ini penulis menyampaikan sudut pandang tentang masalah yang dibahas.
  • Argumentasi: bukti atau alasan untuk memperkuat pernyataan dalam tesis. Argumentasi dapat berupa pertanyaan umum atau data hasil penelitian, pernyataan para ahli, maupun fakta-fakta berdasarkan referensi yang bisa dipercaya.
  • Reinterasi: disebut pernyataan atau penegasan ulang pendapat. Bagian ini berisi penegasan ulang pendapat. Penegasan ulang biasa berada di bagian akhir teks.

Baca juga: Pengertian Teks Eksposisi

Contoh 1

(Tesis) Transparansi pemerintah dalam membuat peraturan perlu ditinjau ulang.

(Argumentasi) Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo mencabut larangan ekspor benih lobser. Peraturan tersebut menimbulkan banyak kecaman publik karena pasar perdagangan lobster rata-rata dipegang kaum elit. Rupanya kecurigaan publik terbukti. Edhy ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus ekspor benih lobster pada 25 November 2020.

(Reinterasi) Melalui kasus ini, transparansi terkait peraturan yang ditetapkan pemerintah secara sewenang-wenang perlu diawasi dengan ketat.

Baca juga: Jenis-Jenis Teks Eksposisi dan Cirinya

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X