Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langkah Menemukan Gagasan Pokok Teks Visual

Kompas.com - 30/08/2021, 20:40 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Teks adalah kumpulan kata yang ditulis untuk menyampaikan makna serta tujuan tertentu dari penulisnya. Namun teks tidak hanya terdiri dari kata-kata dan kalimat, namun juga ada teks yang terdiri dari gambar dan disebut sebagai teks visual.

Dilansir dari Visual Literacy, teks visual adalah teks yang dibentuk dan dikomunikasikan dengan gambar bukannya kata-kata.

Teks visual dapat berupa foto maupun gambar ilustrasi yang memilki makna di dalamnya. Teks visual dapat berupa gambar diam maupun gambar bergerak seperti video dan animasi.

Sama seperti teks tulisan, teks visual juga mengandung gagasan pokok di dalamnya. Hanif Nur Cholis dan kawan-kawan dalam buku Saya Senang Berbahasa Indonesia (2007) menyebutkan bahwa gagasan pokok atau pokok pikiran adalah inti dari suatu bacaan.

Sehingga gagasan pokok adalah ide pokok mengapa suatu teks dibuat. Gagasan pokok dapat ditemukan dalam kalimat utama, kalimat pokok, ataupun kalimat topik.

Teks visual sering digunakan tertama dalam pengajaran kepada anak-anak. Karena gambar dinilai lebih mudah dipahami daripada tulisan.

Baca juga: Cara Menemukan Gagasan Pokok di Setiap Paragraf

Menentukan gagasan pokok

Dilansir dari Departement of Education and Training Victoria State Government, teks visual memungkinkan siswa dan guru untuk secara akurat dan konsisten menangkap bagaimana makna dalam teks visual, dengan cara yang sama seperti saat menggunakan tata bahasa untuk memahami makna teks tulisan maupun lisan.

Langkah awal dalam menemukan gagasan pokok pada teks visual adalah mengamati media yang ada. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah untuk menemukan gagasan pokok pada suatu teks visual:

  1. Mengamati media teks visual baik gambar diam maupun bergerak dengan saksama
  2. Mencatat peristiwa, kegiatan, maupun situasi yang ada pada teks visual
  3. Membuat kalimat-kalimat yang menggambarkan keseluruhan peristiwa dalam teks visual
  4. Menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi satu paragraf yang utuh
  5. Menemukan kalimat utama atau kalimat pokok dalam paragraf tersebut
  6. Mengubah kalimat pokok ke dalam kalimat yang lebih ringkas, padat, dan jelas menjadi gagasan utama dari teks visual.

 Baca juga: Perbedaan Gagasan Pokok dan Gagasan Pendukung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com