Kompas.com - 30/08/2021, 20:21 WIB
Penambangan timah di Bangka Ulet Ifansasti/Friends of the EarthPenambangan timah di Bangka
Daftar Isi
Buka

    KOMPAS.com – Indonesia merupakan negara penghasil timah terbesar di ASEAN yang memenuhi 30 persen kebutuhan timah dunia. Selain berada dalam peringkat pertama di ASEAN, Indonesia juga menduduki peringkat kedua negara penghasil timah terbesar di dunia setelah China.

    Menurut U.S. Geological Survey dalam buku Mineral Commodity Summaries (2020), pada 2018 Indonesia memproduksi sebanyak 85.000 ton timah dan pada 2019 memproduksi 80.000 ton timah dengan tital cadangan menacai 800.000 ton.

    Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia dalam buku Analisis Pembentukan Harga di Bursa Timah Indonesia dan Dunia (2016) menyebutkan jumlah sumber daya timah dalam bentuk bijih sebesar 4.483.785.508 ton dan dalam bentuk logam sebesar 1.062.903 ton, cadangan bijih sebesar 1.692.208.743 ton, dan cadangan logam sebesar 572.349 ton.

    Mineral timah di Indonesia tersebar ke dalam beberapa daerah yang dinamai dengan The Indonesian Tin Belt. Berikut lima daerah penghasil timah terbesar di indonesia terdapat di provinsi:

    • Kepulauan Bangka Belitung

    Pulau Bangka merupakan pulau penghasil timah terbesar di Indonesia yang petambangannya dimulai sejak tahun 1711. H. Haryadi dan teman-teman dalam Analisis Perkembangan Pengusahaan Mineral dan Batubara (2010) menyebutkan kandungan logam timah didominasi oleh Provisinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menguasi 90 persen total produksi timah Indonesia.

    Baca juga: 6 Negara Penghasil Timah Terbesar di ASEAN

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

    • Bangkinang

    Bangkinang adalah kota di Provinsi Riau yang merupakan ibu kota Kabupaten Kampar. Diketahui Bangkinang menyimpan 8,1 persen cadangan timah Indonesia. Petambangan timah di Bangkinang dilakukan sejak tahun 1972 oleh PT. Timah.

    • Sungai Liat

    Sungai Liat adalah nama kecamatan di Pulau Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Sungai Liat merupakan salah satu kota terbersih di Indonesia yang menjadi tempat pertambangan timah. Sehingga pertambangan timah dan efeknya terhadap lingkungan sangat diawasi di Sungai liat.

    • Dabo

    Dabo merupakan nama kelurahan di Pulau Singkep yang terletak di Kepulauan Riau. Dabo merupakan salah satu wilayah penghasil timah di Indonesia yang beroperasi sejak zaman kolonial hingga tahun 1992. Saat ini, pemerintah merencanakan petambangan kembali di Dabo mengingat tanah Dabo yang menyimpan cukup banyak cadangan timah.

    • Muntok

    Muntok adalah nama kecamatan yang berada di Kepulauan Bangka Belitung, tepatnya Kabupaten Bangka Barat. Muntok merupakan salah satu daerah penghasil timah terbesar di Indonesia sejak masa kolonial. Timah Muntok berperan besar dalam perkembangan ekonomi masyarakatnya.

    Baca juga: Komoditas Ekspor Indonesia Sektor Tambang

    Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.