Kompas.com - 15/09/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi menebang pohon freepik.com/macrovectorIlustrasi menebang pohon

KOMPAS.comMenebang pohon sembarangan berarti melakukan aktivitas penebangan pohon, tanpa memperhatikan faktor lain, seperti lingkungan dan makhluk hidup. Menebang  pohon secara sembarangan akan menimbulkan dampak bagi lingkungan dan juga orang lain.

Menurut Destri Kharisma Utami dalam Kajian tentang Penebangan Pohon di luar Kawasan Hutan (2019), penebangan pohon adalah aktivitas penebangan terhadap pohon yang dilakukan untuk memanfaatkan seluruh bagian pohon yang berkayu.

Aktivitas penebangan pohon ini dilakukan dengan menggunakan peralatan mesin, seperti gergaji, agar mendapatkan bagian pohon yang pas atau sesuai.

Dampak menebang pohon bagi lingkungan

Dilansir dari situs Pusat Krisis Kesehatan - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, menebang pohon sembarangan menimbulkan dampak bagi lingkungan. Berikut contoh kunci jawaban materi tema 3 kelas 4 mengenai dampak menebang pohon bagi lingkungan, yakni:

  • Punahnya keanekaragaman hayati

Menebang hutan sembarangan bisa menyebabkan keanekaragaman hayati menghilang, menurun, bahkan punah. Para binatang yang menggunakan pohon sebagai tempat tinggal dan tempat berlindung, ikut terkena dampaknya pula.

Baca juga: Cara-Cara Menjaga Alam

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Hutan menjadi gundul

Dampak lain dari menebang pohon sembarangan adalah hutan menjadi gundul. Pohon yang tumbuh di hutan ketika ditebang sembarangan akan menyebabkan hutan gundul. Akibatnya lingkungan menjadi semakin gersang, panas, dan kehilangan pasokan oksigen.

  • Tanah menjadi tidak subur

Akibat menebang pohon sembarangan adalah tanah menjadi tidak subur. Hal ini terjadi karena tanah terlalu banyak menyerap sinar matahari sehingga kondisinya menjadi sangat kering. Kondisinya diperparah ketika hujan tiba, karena nutrisi yang dikandung tanah terbawa aliran air.

Dampak menebang pohon bagi orang lain

Berikut contoh kunci jawaban materi tema 3 kelas 4 mengenai dampak menebang pohon bagi orang lain, yaitu:

  • Kurangnya pasokan udara bersih

Aktivitas menebang pohon sembarangan sangat merugikan orang lain, karena pasokan udara bersih menjadi berkurang, dan akibatnya menimbulkan gangguan kesehatan.

  • Timbulnya banjir

Selain dampak di atas, menebang hutan sembarangan juga menimbulkan bencana banjir. Karena pohon berfungsi untuk menyerap dan menyimpan air dalam jumlah besar, khususnya ketika musim hujan tiba. Ketika pohon ditebang, sumber penyerapan dan penyimpanan air menghilang, dan akhirnya terjadilah banjir.

Baca juga: Upaya Melestarikan Hewan dan Tumbuhan yang Hampir Punah

  • Kehilangan sumber air dan mengalami kekeringan

Orang lain turut terkena dampak ketika menebang pohon sembarangan. Pohon yang digunakan untuk menyimpan air menghilang, akibatnya tanah menjadi kering, dan orang lain yang tinggal di kawasan itu kehilangan sumber air.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.