Kompas.com - 15/09/2021, 14:30 WIB
Ilustrasi merawat tanaman freepik.com/jcompIlustrasi merawat tanaman

 

KOMPAS.com - Manusia mempunyai beberapa hak dan kewajiban terhadap tumbuhan. Sebagai sesama makhluk hidup, manusia bisa mendapatkan apa yang menjadi haknya, serta melakukan kewajibannya terhadap tumbuhan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hak diartikan sebagai milik atau kepunyaan. Sedangkan kewajiban merupakan suatu hal yang wajib dilakukan atau harus dilaksanakan.

Hak terhadap tumbuhan berarti hak atau suatu hal yang bisa didapatkan manusia, setelah menjalankan kewajibannya. Sedangkan kewajiban terhadap tumbuhan adalah suatu hal yang wajib dilakukan manusia pada tumbuhan sebagai bentuk tanggung jawab.

Berikut contoh kunci jawaban tema 3 kelas 4 mengenai hak dan kewajiban kita terhadap tumbuhan:

Hak terhadap tumbuhan

Manusia mempunyai hak terhadap tumbuhan. Artinya manusia bisa memanfaatkan atau mendapat apa yang menjadi haknya ketika memiliki tumbuhan.

Baca juga: Upaya Melestarikan Hewan dan Tumbuhan yang Hampir Punah

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut beberapa contoh hak terhadap tumbuhan, yaitu:

  • Hak menanam dan tumbuhan

Ada banyak jenis tumbuhan yang bisa ditanam di lingkungan sekitar manusia. Tumbuhan itu ditanam agar di kemudian hari bisa dimanfaatkan. Manusia bebas memilih dan menanam tumbuhan apa saja yang diinginkannya.

  • Hak memanfaatkan tumbuhan

Setelah menanamnya, manusia juga mempunyai hak untuk memanfaatkan tumbuhan. Contohnya memanfaatkan kayu, memanfaatkan buah, memanfaatkan tumbuhan untuk memperoleh oksigen serta kesegaran udara, dan masih banyak lagi.

  • Hak menggunakan tumbuhan

Hak terhadap tumbuhan yang bisa didapat manusia adalah menggunakannya sebaik mungkin. Manusia bebas menggunakan tumbuhan untuk memenuhi kebutuhannya. Sebagai contoh tumbuhan digunakan untuk obat alami, diolah menjadi bahan makanan atau bahan industri, dan lainnya.

Kewajiban terhadap tumbuhan

Tidak hanya mendapatkan apa yang menjadi haknya, manusia juga memiliki kewajiban terhadap tumbuhan. Dilansir dari situs Al Jazeera, kewajiban terhadap tumbuhan berarti kita memberi apa yang menjadi hak tumbuhan.

Baca juga: Pentingnya Melestarikan Hewan dan Tumbuhan

Berikut beberapa contoh kewajiban terhadap tumbuhan:

  • Kewajiban untuk melindunginya

Manusia wajib melindungi tumbuhan di sekitarnya. Contohnya melindungi tumbuhan dari penggunaan secara berlebihan, tidak melakukan perbuatan semena-mena terhadap tumbuhan, serta tidak merusak tumbuhan.

  • Kewajiban untuk merawatnya

Selain melindungi, manusia juga berkewajiban untuk selalu merawat tumbuhan yang dimilikinya. Contohnya rajin menyiram tanaman setiap hari, memberi pupuk, tidak memetik tumbuhan sembarangan, dan menjaga keindahan tumbuhan.

  • Kewajiban untuk melestarikannya

Manusia juga memiliki kewajiban untuk melestarikan tumbuhan. Contohnya dengan tidak merusak tumbuhan dan lingkungan sekitarnya, serta melakukan penanaman tumbuhan kembali setelah menggunakannya.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.