Kompas.com - 15/09/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi kebakaran hutan freepik.com/ pvproductionsIlustrasi kebakaran hutan

KOMPAS.com - Sikap kita yang tidak bijaksana terhadap tumbuhan akan memunculkan dampak bagi lingkungan sekitar. Dampak dari sikap tidak bijaksana tersebut tentunya merugikan lingkungan, dan juga diri manusia itu sendiri.

Mengutip dari buku Dasar-Dasar Perlindungan Tanaman (2021) karya Deddy Wahyudin dan kawan-kawan, manusia perlu bersikap bijak terhadap tumbuhan agar keindahan lingkungan tetap terjaga.

Salah satu caranya dengan rutin merawat tumbuhan. Karena manusia membutuhkan tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Namun, apa jadinya jika kita tidak bersikap bijaksana terhadap tumbuhan? Berikut contoh kunci jawaban materi tema 3 kelas 4 mengenai dampak dari sikapmu yang belum bijak tersebut bagi lingkungan:

Dampak dari sikapmu yang belum bijak

Sikap tidak bijaksana terhadap tumbuhan akan sangat merugikan lingkungan. Dalam jurnal Melestarikan Lingkungan Hidup secara Komprehensif (2015) karya Paulus Erwin Sasmito, disebutkan jika salah satu dampak dari sikap tidak bijaksana terhadap tumbuhan adalah hilangnya kekayaan alam.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Lingkungan Alam?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Artinya beberapa tumbuhan terancam punah sehingga kekayaan alam akan berkurang. Hilangnya tumbuhan ini juga turut mengancam kelestarian makhluk ciptaan lain, yakni binatang. Karena beberapa jenis tumbuhan menjadi sumber makanan dan tempat tinggal bagi para binatang.

Sikap tidak bijaksana terhadap tumbuhan

Agar lebih jelas, mari kita perhatikan beberapa dampak lain dari sikap tidak bijaksana kita terhadap tumbuhan bagi lingkungan:

  • Berkurangnya jumlah tumbuhan

Sikap tidak bijaksana kita terhadap tumbuhan akan menyebabkan berkurangnya jumlah tumbuhan di bumi. Akibatnya lingkungan menjadi gersang, udara semakin panas, dan udara bersih semakin susah didapat.

  • Ekosistem menjadi terganggu

Beberapa hewan membutuhkan tumbuhan sebagai sumber makanannya. Begitu pula manusia memerlukan tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sikap tidak bijaksana terhadap tumbuhan akan menyebabkan ekosistem menjadi terganggu.

Contohnya rantai makanan menjadi kacau, hewan tidak bisa mendapatkan makanannya, dan manusia tidak bisa memanfaatkan tumbuhan untuk kebutuhan hidupnya.

Baca juga: Interaksi yang Terjadi dalam Lingkungan Alam

  • Merusak keindahan lingkungan

Dampak sikap tidak bijaksana terhadap tumbuhan bagi lingkungan adalah rusaknya keindahan lingkungan. Awalnya lingkungan sangat indah dan asri, tetapi karena sikap tidak bijaksana kita, lingkungan menjadi tidak asri atau tidak indah lagi.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.