Kompas.com - 15/09/2021, 15:00 WIB
Operasi penebangan di PT Inocin Abadi, anak usaha Korindo Group. GREENPEACE via BBC INDONESIAOperasi penebangan di PT Inocin Abadi, anak usaha Korindo Group.

KOMPAS.com - Sikap tidak bijaksana terkadang masih sering dilakukan manusia terhadap tumbuhan. Apabila masih terus dilakukan, sikap tidak bijaksana ini dapat menimbulkan dampak buruk bagi manusia dan tumbuhan.

Dalam jurnal Melestarikan Lingkungan Hidup Secara Komprehensif (2015) karya Paulus Erwin Sasmito, sikap tidak bijaksana terhadap tumbuhan bisa berdampak buruk untuk lingkungan. Contohnya kekayaan alam berkurang serta ancaman bagi kelangsungan hidup.

Contoh sikapmu yang belum bijak terhadap tumbuhan

Berikut contoh kunci jawaban tema 3 kelas 4 mengenai contoh sikapmu yang belum bijak terhadap tumbuhan:

  1. Merusak tumbuhan
    Aktivitas merusak tumbuhan, baik sengaja maupun tidak, termasuk sikap tidak bijak terhadap tumbuhan. Contohnya menginjak tumbuhan, memetik tumbuhan sembarangan dan secara paksa, dan menebang pohon sembarangan.
  2. Tidak mau merawat tumbuhan
    Sebagai makhluk hidup, tumbuhan perlu dirawat sebaik mungkin. Tidak mau merawat tumbuhan termasuk sikap yang tidak bijak. Contohnya tidak menyiram tumbuhan secara rutin, membiarkan tumbuhan layu dan mati, tidak rajin memberi pupuk, dan tidak memperhatikan keindahan tumbuhan.
  3. Memanfaatkan tumbuhan secara berlebihan
    Pemanfaatan tumbuhan secara berlebihan juga termasuk sikap belum bijak terhadap tumbuhan. Contohnya memetik buah sebelum waktunya, melubangi atau memaku batang pohon, serta memanfaatkan batang pohon yang masih muda sebagai bahan bangunan.

Baca juga: Pentingnya Melestarikan Hewan dan Tumbuhan

Sudah sebaiknya kita bersikap bijaksana terhadap tumbuhan, baik yang tumbuh di lingkungan sekitar kita maupun tumbuhan lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.