Kompas.com - 27/08/2021, 14:32 WIB
Ilustrasi menggambar model freepik.com/ DCStudioIlustrasi menggambar model

KOMPAS.com - Menggambar termasuk aktivitas yang menyenangkan. Aktivitas ini bisa dilakukan dengan menggambar apa saja. Salah satu contohnya adalah menggambar model atau gambar model. Seperti namanya, menggambar model membutuhkan model sebagai obyek yang digambar.

Menurut Mesra dalam jurnal Pengaruh Beberapa Mata Kuliah Dasar-dasar Menggambar terhadap Menggambar Model (2014), menggambar model merupakan aktivitas membuat gambar dengan menjadikan model sebagai obyeknya.

Kata lainnya, menggambar model adalah membuat tiruan obyek model atau benda. Obyek yang ditiru bisa berupa benda hidup (seperti hewan dan manusia) atau benda mati (pemandangan alam atau benda di sekitar kita).

Prinsip menggambar model

Mengutip dari buku Pengetahuan Dasar Seni Rupa (2020) karya Sofyan Salam dan teman-teman, prinsip utama penggambaran obyek dalam menggambar model adalah menirunya (menggambar) obyek tiga dimensi di atas bidang kertas, sesuai apa yang dilihat.

Baca juga: Gambar Model: Pengertian, Prinsip, Teknik, Obyek, dan Contohnya

Melansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), menggambar model atau gambar model mempunyai empat prinsip penting, yakni:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Komposisi

Adalah penyusunan serta pengaturan obyek gambar agar terlihat menarik. Komposisi dapat terbentuk melalui obyek gambar, warna, jenis obyek, serta latar belakang gambarnya. Komposisi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

  1. Komposisi simetris
    Pada jenis komposisi ini, benda yang menjadi obyek diletakkan seimbang di sebelah kiri dan kanan, sehingga memperlihatkan keseimbangan, baik dalam bentuk ataupun ukurannya.
  2. Komposisi asimetris
    Pada jenis komposisi ini, benda yang menjadi obyek tidak diletakkan seimbang, baik dari segi ukuran maupun bentuknya. Namun, gambar yang dihasilkan tetap memperlihatkan proporsi serta kesatuan.
  3. Komposisi sentral
    Maksud komposisi sentral adalah benda yang menjadi obyek terletak di tengah bidang gambar. Penempatan benda diatur sesuai proporsi bentuk obyek, keseimbangan, serta kesatuan antar bendanya.
  • Proporsi

Adalah perbandingan yang ideal serta harmonis antara benda yang menjadi model gambar dengan yang diamati pembuat gambar. Jika proporsi obyeknya tepat, maka hasil gambarnya akan terlihat wajar.

Baca juga: Jenis-Jenis Menggambar

  • Keseimbangan

Adalah keselarasan bidang gambar, model gambar, serta hasil gambar. Keseimbangan hanya dapat diperoleh dengan pembuatan skala, pemberian efek perspektif pada model gambar, serta sudut pandang penggambar.

  • Kesatuan

Adalah keserasian pengaturan model gambar. Obyek diatur sedemikian rupa supaya menimbulkan kesan ruang, kedalaman, serta obyek yang saling mendukung. Sehingga hasil gambarnya terlihat baik, indah, serta menarik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Sumber Kemdikbud
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.