Kompas.com - 28/05/2021, 14:05 WIB
Ilustrasi jenis-jenis menggambar freepik.com/vectorpouchIlustrasi jenis-jenis menggambar

KOMPAS.comMenggambar menjadi bentuk penyaluran ekspresi bagi para pembuatnya. Dalam menggambar, kreativitas dan penguasaan teknik menjadi dua hal penting yang dibutuhkan.

Secara garis besar, menggambar bisa dibagi menjadi dua jenis berdasarkan cara pembuatan dan objek atau bentuknya. Apa sajakah jenis-jenis menggambar? Berikut penjelasannya:

Mengutip dari buku Makna Simbolis Gambar Anak-Anak (2015) karya Sumanto, berdasarkan cara pembuatannya, menggambar bisa dibagi menjadi dua, yakni:

  1. Menggambar bebas
    Adalah menggambar secara bebas, tanpa alat bantu apapun, seperti mistar, jangka atau lainnya. Hasil gambarannya bercirikan bebas, spontan, kreatif, unik, dan individual.
  2. Menggambar dengan alat bantu
    Menggambar menggunakan alat bantuk, seperti mistar, sablon, busur, jangka atau lainnya. Hasil gambarnya bersifat terikat, statis dan tidak spontan.

Baca juga: 5 Macam Teknik Menggambar

Jenis-jenis menggambar

Berdasarkan obyek atau bentuknya, menggambar dibagi menjadi empat jenis. Berikut penjelasannya yang melansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan:

  • Menggambar imajinatif adalah jenis menggambar yang bersifat khayalan atau imajinasi. Contohnya adalah gambar manusia bersayap yang mampu terbang tinggi.
  • Menggambar dekoratif yaitu jenis menggambar bentuk motif hias. Misalnya menggambar motif batik atau motif hiasan lainnya.
  • Menggambar ekspresif merupakan  jenis menggambar seekspresif mungkin. Jenis menggambar ini agak mirip seperti menggambar imajinatif, karena keduanya sama-sama menggunakan imajinasi. Namun, perbedaan antar keduanya ialah menggambar ekspresif sering menggunakan objek tertentu untuk membangkitkan daya imajinasinya.
  • Menggambar bentuk yaitu jenis menggambar yang fokus pada bentuk atau obyek tertentu. Dengan kata lain, suatu kegiatan menggambar benda sesuai sifat dan karakter dengan cara memindahkan obyek ke atas bidang gambar. Misalnya menggambar gelas, meja, kasur, miniatur patung, dan lainnya. 

Baca juga: Teknik Menggambar Bentuk Silindris

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X