Kompas.com - 29/07/2021, 12:12 WIB
Ilustrasi pengertian bentuk geometris dan non-geometris KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi pengertian bentuk geometris dan non-geometris

KOMPAS.com - Dalam seni rupa, bentuk memainkan peranan penting. Bentuk memberikan kesan tertentu kepada mereka para penikmat seni. Bentuk dalam unsur seni rupa dapat dikelompokkan menjadi dua macam yaitu bentuk geometris dan non-geometris.

Bentuk geometris dan non-geometris sering dibuat atau dijadikan inspirasi dalam pembuatan karya seni rupa, seperti menjadi motif batik ataupun lukisan. Apa itu bentuk geometris dan non-geometris pada seni rupa?

Pengertian bentuk geometris

Pengertian geometris dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) merujuk pada kata ‘geometri’. Geometri diartikan sebagai ilmu ukur. Sedangkan bentuk adalah rupa atau wujud yang dapat dilihat atau ditampilkan.

Mengutip dari jurnal Ekspresi Bentuk Geometris melalui Penggarapan Tekstil Tapestri (2018) karya Miftahun Naufa, bentuk geometris adalah bentuk yang memiliki ukuran atau dapat diukur secara matematis.

Baca juga: 6 Tema dalam Pembuatan Seni Rupa Murni

Bentuk geometris memiliki garis sudut yang tegas, lurus, serta teratur. Bisa dikatakan jika seluruh motif seni rupa dengan bentuk geometris bisa diukur, memiliki wujud yang jelas, dan dapat didefinisikan secara pasti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari jurnal Seni: Antara Bentuk dan Isi (2006) karya Widyabakti Sabatari, contoh bentuk geometris diantaranya segitiga, kerucut, lingkaran, silinder, segi empat, segi lima, belah ketupat, dan lain sebagainya.

Pengertian bentuk non-geometris

Berkebalikan dengan geometris, bentuk non-geometris bisa diartikan sebagai bentuk yang tidak memiliki ukuran pasti atau tidak sesuai alat ukur. Jenis bentuk ini sifatnya lebih fleksibel dan tidak terpaku pada bentuk baku bangun ruang.

Dalam Batik dari Masa Keraton hingga Revolusi Industri 4.0 karya Karsam, disebutkan jika bentuk non-geometris merupakan jenis bentuk yang tidak menggunakan unsur matematis atau alat ukur, seperti bentuk geometris.

Berbeda dengan geometris, jenis bentuk non-geometris cenderung lebih bebas, tetapi masih tetap tersusun rapi. Biasanya non-geometris diambil dari bentuk tumbuhan serta motif binatang, seperti bunga, pohon, awan, kucing, kuda, ikan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Jenis-Jenis Gaya Seni Rupa Modern


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.