Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Kebutuhan Tidak Terduga

Kompas.com - 28/07/2021, 15:40 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Mengelola pendapatan adalah salah satu hal esensial dalam kehidupan manusia. Setelah gajihan, seseorang biasanya memiliki uang dan dapat membeli apapun yang ia butuhkan.

Namun beberapa hari sebelum gajihan, seseorang biasanya telah kehabisan uang. Sehingga munculah istilah tanggal tua.

Pengaturan pengeluaran dan menabung adalah cara untuk mengatasi adanya tanggal tua. Menabung bukan hanya diperlukan untuk keperluan di masa depan, melainkan juga untuk kebutuhan tidak terduga.

Namun apakah sebenarnya kebutuhan tidak terduga itu?

Dilansir dari The Balance, kebutuhan tidak terduga adalah kebutuhan yang tidak teratur dan benar-benar tidak terduga.

Kebutuhan tidak terduga bukanlah hal yang sering terjadi sehingga sulit untuk diprediksi. Walaupun jarang terjadi, kemungkinan kebutuhan tidak terduga akan selalu ada dalam kehidupan seseorang.

Baca juga: Hubungan Fungsi Konsumsi dan Fungsi Tabungan

Contoh kebutuhan tidak terduga

Beberapa contoh yang masuk ke dalam kebutuhan tidak terduga, yaitu:

  • Bencana dan musibah

Bencana dan musibah merupakan sesuatu yang tidak bisa diprediksi kedatangannya. Bencana dan musibah seringkali menyebabkan kebutuhan juga pengeluaran yang tidak terduga.

Misalnya bencana alam seperti banjir, gempa bumi, dan juga tsunami dapat menyebabkan kerusakan yang perlu diperbaiki.

Musibah juga bisa berbentuk meninggalnya anggota keluarga sehingga harus mengurus biaya pemakaman, hilangnya anggota keluarga sehingga membutuhkan biaya pencarian, ataupun kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan kerusakan kendaraan juga korban yang harus dirawat.

  • Sakit

Sakit adalah hal yang tidak diduga akan datang dan dapat menganggu aktivitas manusia. Beberapa penyakit parah dan penyakit menular bahkan dapat menghentikan aktivitas manusia sepenuhnya. Sehingga sakit adalah kebutuhan tak terduga mencakup biaya pengobatan juga obat-obatan.

Salah satu penyakit yang menganggu aktivitas manusia adalah covid-19. Penyebaran covid-19 mempengaruhi masyarakat seluruh dunia, tidak hanya kesehatan namun juga ekonomi.

Baca juga: Faktor Penyebab Perbedaan Kebutuhan Setiap Individu

Fidelty Investmen dalam penelitian berjudul 2021 Financial Study (2021) menyebutkan bahwa 38 persen orang Amerika berada dalam “Survival Mode” pada tahun 2021 akibat penurunan finansial pandemi Covid-19.

Berhentinya beberapa sektor ekonomi mengakibatkan banyak orang kehilangan penghasilan juga pekerjaan. Sehingga persiapan finansial dibutuhkan untuk menghadapi suatu penyakit ataupun kemungkinan pandemi yang terjadi di masa mendatang.

  • Biaya ponsel pintar

Ponsel pintar merupakan benda yang penting dalam kehidupan manusia modern. Namun terkadang penggunaan ponsel pintar memberikan pengeluaran tidak terduga. Misalnya kerusakan ponsel, penggunaan berlebihan pulsa, dan juga penggunaan berlebihan internet.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com