Kompas.com - 28/07/2021, 14:20 WIB
Ilustrasi fungsi budaya bagi masyarkat KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi fungsi budaya bagi masyarkat

KOMPAS.comBudaya di masyarakat terbentuk dari berbagai unsur yang ada di dalamnya. Budaya yang terus mengakar kuat di lingkungan masyarakat akan menghasilkan berbagai bentuk kebudayaan. Budaya membawa pengaruh dan memiliki sejumlah fungsi penting bagi masyarakat.

Menurut Sarinah dalam buku Ilmu Sosial Budaya Dasar (di Perguruan Tinggi) (2019), budaya merupakan cara hidup yang dimiliki dan dikembangkan bersama oleh sekelompok orang, yang mana terus diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Budaya tidak dapat dipisahkan dari diri dan kehidupan manusia. Sehingga tidak mengherankan jika manusia merasa budaya diwariskan secara genetis. Budaya bersifat kompleks, abstrak dan luas, sehingga perlu dipelajari lebih mendalam.

Mengutip dari jurnal Dinamisasi Kebudayaan dalam Realita Sosial (2017) karya Ellya Rosana, budaya memiliki fungsi yang sangat besar bagi masyarakat. Budaya membantu masyarakat memenuhi beberapa kebutuhan penting.

Baca juga: Pengaruh Karakteristik Geografis dengan Kehidupan Sosial Budaya

Budaya berfungsi untuk mengatur manusia, khususnya dalam bertingkah laku. Karena salah satu produk kebudayaan ialah norma sosial dan bentuk norma lainnya. Norma inilah yang dijadikan dasar bagi manusia dalam bertingkah laku.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak hanya itu, produk lainnya dari kebudayaan ialah nilai atau persoalan baik dan buruk mengenai suatu hal. Nilai ini saling berkaitan dengan norma yang berlaku di masyarakat, dan produk kebudayaan lainnya.

Salah satu budaya upacara seren taun adalah bukti bahwa fungsi budaya dapat mempersatukan masyarakat. 

Budaya tidak hanya berfungsi sebagai pengatur tingkah laku masyarakat saja, melainkan juga memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat, karena menghasilkan beberapa kebutuhan yang sangat dibutuhkan manusia. Berikut penjelasannya:

  • Pakaian

Pakaian merupakan salah satu hasil budaya yang tumbuh dan berkembang di masyarakat. Pakaian menjadi hasil kebudayaan yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Budaya memunculkan beberapa tren berpakaian sesuai dengan perkembangan zaman, misalnya kebaya modern, dan lain sebagainya.

Baca juga: Revolusi Budaya: Pengertian, Faktor Penyebab, Proses, dan Contohnya

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.