Kompas.com - 28/07/2021, 15:14 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Manusia memiliki lima panca indera yaitu indra pengelihatan, indra pengecap, indra pembau, indra peraba, dan juga indra pendengar. Indra pendengar memungkinkan manusia untuk mendengar berbagai bunyi menggunakan telinga.

Tapi pernahkah kamu berpikir bagaimana kita dapat mendengar bunyi? Peta pikiran indra pendengar manusia ini akan menjawab pertanyaannmu!

Peta pikiran indra pendengar manusia Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Peta pikiran indra pendengar manusia

Baca juga: Telinga: Bagian, Fungsi dan Cara Merawatnya

Fungsi Telinga

Telinga adalah organ utama indra pendengaran manusia. telinga memiliki dua fungsi utama yaitu sebagai organ pendengaran dan penjaga keseimbangan dalam sistem vestibular.

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, telinga memiliki tiga kanal setengah lingkaran dan dua organ otolit yang diisi dengan cairan. Cairan dan organ-organ tersebut akan melaporkan gerakan pada otak dan bertanggung jawab atas gerakan kepala yang spesifik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika manusia berputar dengan cepat dan lama, kanal tersebut akan mengirim sinyal posisi kepala yang bertentangan ke otak. Inilah yang membuat kita merasa pusing setelah berputar.

Struktur telinga

Berdasarkan posisinya, telinga dibagi menjadi tiga bagian yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah, dan telinga bagian dalam. Masing-masing bagian telinga memiliki struktur dan fungsinya sendiri. Berikut penjelasannya:

  • Telinga bagian luar

Terdapat dua bagian yang terdapat di telinga luar, yakni:

  1. Daun telinga adalah tulang rawan yang membentuk bagian luar telinga manusia. Daun telinga berfungsi menangkap gelombang suara juga melindungi lubang telinga.
  2. Lubang telinga bukan hanya lubang tetapa marangkap saluran telinga yang mengantarkan gelombang suara ke telinga bagian dalam. Lubang telinga juga memiliki rambut halus yang bisa menahan masuknya benda asing ke dalam telinga.

Baca juga: 5 Macam Indera Manusia dan Fungsinya

  • Telinga bagian tengah

Telinga tengah terdapat dua bagian, sebagai berikut:

  • Gendang telinga

Gendang telinga atau membran timpani adalah pemisah telinga bagian luar dan tengah. Dilansir dari MedlinePlus, ketika gelombang suara akan menyebabkan gendang telinga bergetar, getaran tersebut kemudian akan di transfer ke tulang-tulang kecil di tengah.

  • Tiga tulang kecil

Menurut situs Healthline, getaran suara yang ditransfer gendang telinga ditangkap oleh tiga tulang kecil pendengaran yaitu maleus, inkus, dan stapes.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.