Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-Jenis Gaya Seni Rupa Modern

Kompas.com - 16/07/2021, 13:15 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comSeni rupa merupakan salah satu cabang seni yang sangat diminati dari dulu hingga sekarang. Seni rupa berkembang bersamaan dengan manusia dan mengikuti perkembangan zaman.

Perbedaan pada setiap zaman memengaruhi karakteristik seni rupa yang kemudian disebut sebagai jenis gaya atau aliran seni rupa.

Salah satu aliran seni rupa yang berkembang adalah aliran seni rupa modern. Dilansir dari Google Arts & Culture, aliran seni rupa modern berkembang dalam rentang tahun 1860-an hingga 1970-an.

Seni modern lahir karena pengaruh Revolusi Industri terhadap yang mengubah industri manufaktur, teknologi, transportasi, dan perubahan sosial yang besar pada manusia.

Berdasarkan situs Visual Arts Encyclopedia, hal tersebut memengaruhi cara seniman menciptakan seni dan juga menginspirasi seniman untuk mengeksplorasi tema baru.

Dari situlah lahir seni rupa modern yang juga memiliki banyak jenis gaya di dalamnya. Secara garis besar, seni rupa modern dibagi menjadi aliran representatif, deformatif, dan abstrak.

Baca juga: Kelengkapan dalam Pameran Seni Rupa

Representatif

Jenis gaya reni rupa modern representatif adalah aliran seni rupa yang representasional atau mewakilkan dan menggambarkan obyek nyata.

Representatif sebagai perwujudan gaya seni rupa yang menggunakan keadaan nyata pada kehidupan masyarakat dan gaya alam. 

 

Aliran representatif dibagi lagi menjadi romantisisme, naturalisme, dan juga realisme. berikut penjelasannya:

  • Realisme

Realisme seperti namanya, merupakan aliran seni rupa yang menggambarkan sesuatu secara real atau nyata.

Realisme menggambarkan kehidupan manusia secara nyata dengan paduan warna dan bentuk yang menyerupai aslinya.

Seni rupa realisme seringkali berupa figur manusia, benda, dan pemandangan alam. Namun seni realisme sering juga digunakan sebagai media penyampaian kritik oleh para seniman dengan menggambarkan perbudakan dan perang.

Baca juga: Seni Rupa: Pengertian dan Sejarah

  • Naturalisme

Naturalisme adalah jenis gaya seni rupa yang menggambarkan kehidupan manusia beserta lanskap yang menyelimutinya. Sebagian besar karya seni rupa naturalisme menggambarkan keindahan alam atau pemandangan.

Menurut situsThe Art Story, seniman naturalis menggambarkan keindahan alam dan manusia di dalamnya dengan efek hipnotis seperti hidup yang tak tertandingi dalam sejarah seni.

  • Romantisisme

Romantisisme adalah seni rupa yang menkankan perasaan emosional, hasrat, sensasi, keindahan, dan spiritual.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com