Kompas.com - 16/07/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi pengertian break even point dalam perusahaan. KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi pengertian break even point dalam perusahaan.

KOMPAS.com - Perhitungan BEP atau Break Even Point sangatlah penting dan wajib dilakukan perusahaan. Karena perhitungan ini menjadi bahan atau dasar penentuan jumlah komoditas yang akan diproduksi beserta biaya yang diperlukan.

Tujuan utama dari perhitungan BEP ialah untuk menekan biaya produksi dan operasional serendah mungkin, tanpa mengurangi kualitasnya.

BEP juga bertujuan untuk menentukan harga produk yang dirasa sesuai, agar mendapat keuntungan maksimal.

Apa itu BEP?

Pengertian Break Even Point (BEP)

Proyeksi jumlah barang yang diproduksi dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk mencapai titik impas kembalinya modal merupakan pengertian dari break even point (BEP).

Sementara menurut Ayu Laili Rahmiyati dalam Buku Ajar Konsep Dasar Pembiayaan dan Penganggaran Kesehatan (2021), break even point atau titik impas adalah titik di mana biaya atau pengeluaran perusahaan memiliki kedudukan yang setara dengan pendapatan. Kata lainnya, perusahaan tidak mengalami rugi atau untung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ciri-ciri Kurva Permintaan dan Penawaran

BEP berfungsi sebagai bahan perencanaan perusahaan dalam bidang penjualan, supaya terhindar dari kerugian dan mendapat keuntungan maksimal.

BEP juga berfungsi sebagai informasi atau pedoman dalam memecahkan berbagai permasalahan.

Dikutip dari buku Manajemen Keuangan: Teoritik dan Praktik (2021) karya Ratna Dumilah, analisis perhitungan BEP bisa berubah dikarenakan adanya perubahan harga jual, perubahan biaya tetap atau biaya variabel, dan perubahan komposisi penjualan.

Cara menghitung Break Even Point (BEP)

Perhitungan BEP memiliki dua jenis, yakni:

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.