Kompas.com - 18/06/2021, 13:17 WIB
Ilustrasi massa jenis KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi massa jenis

KOMPAS.com - Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa besi tenggelam di air sedangkan kapas mengapung di permukaan air? Jawabannya mungkin karena besai lebih berat jika dibandingkan dengan kapas.

Namun jika 1 kilogram besi tenggelam dalam air, mengapa 1 kilogram kapas tetap mengapung di atas permukaan air? Hal tersebut dikarenakan oleh massa jenis zat.

Dilansir dari ScienceDaily, massa jenis adalah pengukuran massa setiap satuan volume yang menandakan kerapatan suatu benda atau zat.

Setiap zat memiliki massa jenisnya masing-masing. Sebagai patokan air memiliki massa jenis 1000 kilogram per meter kubik.

Zat dengan massa jenis lebih besar akan tenggelam dalam air. Misalnya besi dengan massa jenis 7.874 kilogram per meter kubik yang hampir 8 kali lipat lebih berat dari massa jenis air.

Baca juga: Hukum Kekekalan Energi: Pengertian, Rumus, dan Penerapannya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perbedaan yang besar antara massa jenis keduanya inilay yang membuat besi tenggelam dalam air dengan cepat.

Adapun benda dengan massa jenis yang lebih kecil akan mengapung di atas permukaan air, misalnya planet Saturnus.

Dilansir dari NASA Space Science Data Coordinated Archived, Saturnus memiliki massa jenis hanya sebesar 687 kilogram per meter kubik.

Selisih 313 kilogram per kubik membuat planet Saturnus kemungkinan besar bisa mengapung di atas air seperti halnya bola plastik.

Contoh lainnya udara memiliki massa jenis 1,2 kilogram per meter kubik yang berarti massa jenisnya lebih besar dari air.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X