Kompas.com - 08/06/2021, 14:16 WIB
Poster mencegah penyebaran Virus Corona buatan siswa kelas VI SDN 1 Puguh, Kendal, Jawa Tengah DOK. TANOTO FOUNDATIONPoster mencegah penyebaran Virus Corona buatan siswa kelas VI SDN 1 Puguh, Kendal, Jawa Tengah

KOMPAS.com - Dalam kehidupan sehari-hari sering dijumpai berbagai macam poster. Dari mulai poster promosi suatu produk, poster kampanye politik, poster pencarian orang, hingga poster yang berisi propaganda.

Dilansir dari Britannica Encyclopedia, poster adalah karya seni grafis yang dicetak dan dipertontonkan ke umum sehingga harus bisa menarik perhatian publik.

Poster dibuat dengan berbagai macam kepentingan, namun yang harus diingat adalah kaidah kebahasaan yang harus diikuti untuk membuat poster.

Poster mempergunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas. Sehingga tidak rancu dan mudah dipahami oleh orang banyak. 

Baca juga: Buklet: Pengertian, Fungsi, Bagian-Bagian, Cara Membuat, dan Contohnya

Berikut penjelasan lengkap kaidah kebahasaan poster: 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas

Dilansir dari Stanford University, menggunakan bahasa yang jelas berarti memiliki kata-kata yang tepat untuk membangun kalimat yang dapat menjelaskan point tujuan pada pembaca. 

Selain itu menghindari kata-kata bermakna ganda atau yang tidak bermakna (memperpanjang kalimat). Dengan kata lain, bahasa yang digunakan harus sederhana. 

Misalnya kalimat “prosessor komputer ini memiliki performa yang jauh lebih baik dibanding dengan prosesor komputer lainnya dalam segala jenis aktivitas”.

Jika ditulis dengan singkat padat dan jelas menjadi “prosesor komputer ini memiliki performa yang lebih baik dari prosesor komputer lainnya”.

  • Menggunakan kalimat persuasif

Poster bertujuan untuk menarik perhatian, sehingga harus menggunakan kalimat persuasif di dalamnya.

Baca juga: Apa Perbedaan Poster dan Brosur?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X