Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unsur-Unsur Kubus dan Balok

Kompas.com - 31/05/2021, 11:57 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kubus dan balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang sangat sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya kotak hadiah, kotak penyimpanan, lemari, kotak kardus, kulkas, bayu bata, minuman dalam kemasan karton, hingga bentuk container ekspedisi.

Kubus dan balok, keduanya memiliki unsur-unsur geometri seperti rusuk, sisi, titik sudut, diagonal sisi, diagonal ruang, dan diagonal bidang.

Unsur-unsur balok dan kubus 

Untuk mengetahui pengertian unsur-unsur tersebut serta penggambarannya pada sudut, yuk kita simak penjelasan berikut ini:

  • Rusuk

Rusuk adalah garis lurus di tiap tepian kubus dan balok. Kubus memiliki 12 rusuk sama panjang yang membentuk kerangkanya. Sedangkan balok memiliki 12 rusuk tidak sama panjang yang membentuk kerangkanya. Maka dalam balok terdapat rusuk panjang, rusuk lebar, dan rusuk tinggi.

Baca juga: Cara Menghitung Volume Kubus

  • Sisi

Dilansir dari Splash Learn, sisi adalah bidang datar dua dimensi yang membentuk obyek tiga dimensi atau bangun ruang. Kubus terdiri dari enam buah sisi berbentuk persegi. Semua sisi kubus memiliki luas yang sama juga panjang rusuk yang sama.

onlinemathlearning.com Sisi-sisi pembentuk kubus

Seperti halnya kubus, balok juga memiliki enam buah sisi. Bedanya, sisi pada balok berbentuk persegi panjang, sehingga luas dan panjang rusuk yang berbeda pula.

onlinemathlearning.com Sisi-sisi pembentuk balok

  • Titik sudut

Dilansir dari Tutors, kubus dan balok memiliki 8 titik sudut yang semuanya sebesar 90 derajat (sudut siku-siku). Titik sudut adalah titik pertemuan tiga buah rusuk. Atau kita bisa menyebut titik sudut sebagai bagian ujung yang lancip pada permukaan kubus dan balok.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Permukaan Kubus

hackmath.net/ Unsur-unsur balok

  • Diagonal Sisi

Diagonal sisi atau sering disebut sebagai diagonal bidang adalah garis lurus yang membagi dua sisi kubus dan balok secara diagonal.

Setiap sisi memiliki dua buah diagonal sisi, sehingga balok dan kubus memiliki total 12 diagonal sisi.

Semua diagonal sisi kubus memiliki panjang yang sama, sedangkan diagonal sisi pada balok berbeda beda sesuai dengan sisinya. Contoh diagonal sisi pada gambar adalah garis DB, AC, BG, CF, EG, HF, DE, AH, AF, BE, DG, dan CH.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com