Kompas.com - 27/05/2021, 14:53 WIB
Ilustrasi enkulturasi KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi enkulturasi

KOMPAS.com - Manusia lahir ke dunia dalam bentuk bayi yang tidak tidak tahu apa-apa, tidak memiliki konsepsi dunia, tidak bisa berbahasa, dan bahkan tidak mengerti konsep moralitas.

Namun kemudian mereka tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter sesuai dengan budaya di lingkungan dan pendidikan yang ia dapat.

Proses berkembangnya manusia dalam budaya tersebut disebut sebagai enkulturasi.

Enkulturasi Menurut Para Ahli

  • Havilland

Menurut Havilland, enkulturasi adalah pendidikan ditinjau dari pembelajaran yang bersumber dari kebutuhan sehari-hari manusia seperti sandang, pakan, pangan, dan perlindungan.

Adat atau kebiasaan dalam hal tersebut akan membentuk perilaku serta kepribadian anak di masa mendatang.

  • Talcott Parsons

Dilansir dari Southern Nazarene University, Talcott Parsons menganggap bayi adalah orang yang tidak berbudaya dan bersosialisasi yang kemudian melakukan enkulturasi untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai yang memungkinkan mereka menjadi anggota masyarakat yang berfungsi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Penetrasi Budaya: Pengertian, Proses, Macam dan Contohnya

  • E. Adamson Hoebel

Adamson Hoebel beranggapan bahwa enkulturasi adalah proses mempelajari, menginternalisasi, dan mengenkulturasi budaya secara disadari maupun tidak disadari.

Menurun Hoebel, enkulturasi terus terjadi dari seorang masi bayi hingga kematiannya, sehingga manusia dapat hidup dengan baik serta memiliki kesadaran akan hak dan kewajiban milikinya maupun milik orang lain.

  • M.J. Herskovits

S.W. Septiarti dkk dalam buku berjudul Sosiologi dan Antropologi Pendidikan (2017) menyebutkan menurut M.J. Herskovits enkulturasi adalah suatu proses bagi seseorang baik secara sadar maupun tidak sadar mempelajari seluruh kebudayaan masyarakat.

Setelah mempelajari budaya, orang tersebut akan menyesuaikan alam pikirannya dengan kebudayaan lingkungannya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X