Kompas.com - 27/05/2021, 13:19 WIB
Ilustrasi ahli IT iStockphoto/scyther5Ilustrasi ahli IT

KOMPAS.comMicrosoft Excel merupakan salah satu program aplikasi buatan Microsoft Corporation. Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah pengolahan angka.

Dalam menggunakan microsoft excel, dibutuhkan penguasaan teknik yang baik, karena aplikasi ini membutuhkan rumus untuk menjalankan beberapa fungsinya.

Sebelum menggunakan aplikasi ini, pengguna harus mengetahui beberapa jenis tipe data dalam microsoft excel.

Menurut I Wayan Nuarsa dalam Jalan Pintas Menguasai Microsoft Excel XP (2003), sebelum memasukkan data ke Microsoft Excel, pengguna harus memastikan jika datanya sudah valid dan bisa dikenali oleh aplikasi ini.

Baca juga: Jaringan Komputer: Pengertian dan Manfaatnya

Secara garis besar, Microsoft Excel punya empat tipe data, yaitu:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Data label atau alfanumerik

Tipe data ini sering juga disebut string. Data label tidak bisa dikalkukasi atau dihitung. Karena berbentuk huruf, simbol dan angka yang tidak bisa dihitung, seperti nomor telepon. Biasanya format data label berada di rata kiri pada suatu sel.

Dalam buku Mengupas Tuntas Microsoft Office Excel 2007 (2007), ketika data label diketik di sel Microsoft Excel, data tersebut juga akan tampil di formula bar atau baris rumus. Untuk menghapus data yang salah, bisa langsung diedit melalui formula bar ataupun selnya.

  • Data angka atau numerik

Tipe data ini berisikan angka yang mana bisa diolah atau dihitung. Berbeda dengan data label, format data numerik terletak di sebelah kanan. Data angka ini dibagi menjadi dua, yakni bilangan bulat dan bilangan desimal.

Data numerik terdiri atas angka 0 hingga 9. Selain angka, tipe data ini juga bisa memuat simbol khusus dengan fungsi tertentu. Contohnya (,) atau koma, (+) atau positif, (-) atau negatif, (%) atau persentase, dan lain sebagainya.

Baca juga: Sistem Operasi Komputer: Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja, dan Contohnya

Tipe data ini biasanya digunakan untuk nilai mata uang. Sering juga disebut dengan integer atau float.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X