Kompas.com - 27/05/2021, 12:38 WIB
Ilustrasi proposal usaha KOMPAS.com/Gischa PrameswariIlustrasi proposal usaha

KOMPAS.com - Usaha atau bisnis adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan perekonomian. Dalam menjalankan usaha atau bisnis, biasanya diperlukan modal.

Modal bisa didapatkan dari uang pribadi maupun dari uang orang lain yang disebut dengan pemegang modal atau investor.

Untuk mendapatkan investor, harus dibuat penjelasan mengenai usaha yang akan dibuat melalui proposal usaha.

Dilansir dari Encyclopedia WIX, proposal usaha adalah dokumen rencana usaha yang ditulis oleh perusahaan untuk meyakinkan calon investor atau klien agar memberikan kontrak kerja tertentu. Proposal usaha berisi penjelasan lengkap mengenai usaha yang dilakukan.

Baca juga: Proposal Penelitian: Pengertian, Tujuan, Jenis, Penulisan, dan Cara Membuatnya

Unsur proposal usaha

Unsur-unsur dalam proposal usaha adalah nama kegiatan, pendahuluan, tujuan, waktu dan tempat pelaksanaan, rencana usaha, dan penutup. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam proposal usaha juga sering ditambahkan mengenai profil perusahaan. Profil perusahaan dalam proposal berisi biodata perusahaan. 

Pendahuluan berisikan apa yang melatar belakangi usaha tersebut dibuat, latar belakang tersebut haruslah kuat dan relevan dengan kondisi actual masyarakat.

Tujuan usaha, waktu, serta tempat dilakukannya usaha dan bisnis haruslah ditulis dengan jelas. Rencana usaha atau rencana bisnis merupakan inti dari proposal usaha untuk menarik investor dan kostumer.

Dilansir dari Investopedia, rencana bisnis harus berisi ringkasan eksekutif (visi, misi, kepemimpinan, dan tata karyawan), produk atau layanan jasa, analisis pemasaran, perencanaan keuangan, penggunaan modal, pembagian keuntungan, akomodasi yang diperlukan, serta kemungkinan hambatan yang akan muncul di masa depan.

Dalam proposal usaha harus terkandung analisis swot. Disadur dari Business News daily, analisis swot adalah kompilasi strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang), dan threat (ancaman) pada suatu usaha agar bisa menjalankan serta mengembangkan usaha tersebut dengan baik.

Baca juga: Proposal Usaha: Jenis, Faktor, Cara Membuat dan Contohnya

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X