Kompas.com - 16/05/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi pembuatan kamus freepik.com/pch.vectorIlustrasi pembuatan kamus

KOMPAS.com - Dari kamus kita bisa menemukan arti dari suatu kata yang tidak dimengerti. Kamus juga membantu kita mengetahui jenis suatu kata, apakah kata kerja, kata penghubung, kata benda, dan sebagainya.

Dalam kamus juga biasanya dilampirkan cara penggunaan suatu kata dalam suatu kalimat dan kata penghubung.

Tanpa kamu sadari kamus terus-menerus berkembang, kata-kata di dalamnya terus-menerus bertambah dan berubah.

Hal tersebut karena bahasa manusia berubah dan berkembang seiring dengan zaman serta ilmu pengetahuan. Di sinilah para penulis kamus bekerja setiap hari, memperhatikan perkembangan bahasa dan memasukkan kata-kata baru pada kamus setiap harinya.

Tahukah kamu siapa yang membuat kamus dan bagaimana kata per kata dimasukkan ke dalam kamus? 

Baca juga: Apakah Kraken Si Monster Laut Benar Ada di Dunia Nyata?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Leksikografer, penulis kamus

Dilansir dari Thought Co., Orang yang menulis kamus dinamakan dengan leksikografer sedangkan proses menulis, mengedit, dan menyusun kamus disebut dengan leksikografi.

Leksikograf harus banyak membaca dan mempelajari frasa baru dalam suatu bahasa untuk kemudian dapat menuliskan kata atau frase tersebut ke dalam kamu.

Bagaimana suatu kata bisa dimasukkan ke dalam kamus?

Berdasarkan situs Merriam-Webster, sebuah kata dapat dimasukkan ke dalam kamus jika digunakan oleh banyak orang dan semuanya setuju bahwa kata itu memiliki arti yang sama.

Dengan kata lain, semakin sering suatu kata baru dipakai maka akan semakin besar kemungkinan kata tersebut diperhatikan oleh seorang leksikografer. Dan semakin besar pula kemungkinan kata tersebut akan dimasukkan ke dalam kamus.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X