Kompas.com - 07/03/2021, 18:50 WIB
Ilustrasi interval nada https://smartbassguitar.com/Ilustrasi interval nada

KOMPAS.com - Saat kita memainkan alat musik, kita akrab dengan tangga nada. Tangga nada atau langkah pada nada inilah yang disebut sebagai interval.

Dilansir dari KBBI, interval nada juga dapat diartikan sebagai jangka nada atau perbedaan ketinggian antara dua nada.

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, jarak nada dapat dikategorikan menjadi interval melodis dan interval harmonis berdasarkan cara memainkannya.

Interval selalu dibatasi oleh dua nada, nada pertama disebut dengan nada pangkal dan nada kedua disebut dengan nada selang.

Interval Nada Harmonis

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Interval nada harmonis

Melodi yang baik pada musik adalah melodi yang memiliki interval yang dapat dengan mudah terjangkau oleh alat musik maupun suara manusia. Interval nada harmonis adalah dua nada yang dimainkan pada saat bersamaan. Pada tangga nada minor harmonis nada diawali dengan meningkatkan tangga nada minor pada not ketujuh.

Contohnya pada tangga nada A minor, tangga nada minor harmonis adalah A B C D E F G# A’. Interval antara not yang berurutan dalam skala minor harmonis adalah 1, ½, 1, 1, ½, 1 ½. ½.

Baca juga: Tangga Nada Diatonis Minor

Interval Nada Melodis

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Interval nada melodis

Interval nada melodis adalah dua nada yang dimainkan satu nada lalu diikuti oleh nada yang lainnya secara berurutan.

Interval nada melodis terdiri dari interval dari nada rendah ke nada tinggi atau ascending interval dan interval dari nada tinggi ke nada rendah atau descending interval.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X