Kompas.com - 23/02/2021, 20:21 WIB
Ilustrasi jaringan ikat dari buku Gray's Anatomy (1858) Henry Vandyke CarterIlustrasi jaringan ikat dari buku Gray's Anatomy (1858)

KOMPAS.com - Hewan vertebrata atau bertulang belakang, tubunhnya terdiri dari berbagai macam jaringan dengan fungsinya masing-masing.

Jaringan tersebut adalah jaringan epitelium, jaringan ikat, jaringan otot, dan jaringan saraf. Jaringan ikat adalah jaringan yang ditemukan pada seluruh tubuh hewan yang berperan dalam pengikatan satu jaringan dengan jaringan lainnya.

Berikut adalah fungsi jaringan ikat pada hewan:

  • Mengikat Jaringan Tubuh

Fungsi pertama jaringan ikat adalah menghubungkan atau mengikat dua jaringan tubuh. Dilansir dari Biology LibreTexts, tendon mengikat otot ke tulang sedangkan ligamen mengikat tulang ke tulang lainnya.

Tendon sangatlah kuat karena terdiri dari matriks kolagen, sedangkan ligament lebih elastis karena terdiri dari campuran kolagen dan protein elastin.

  • Menopang Tubuh

courses.lumenlearning.com Tulang rawan hialin

Tulang rawan adalah salah satu jenis jaringan ikat yang menopang tubuh. Jaringan ikat tulang rawan membangun trakea, laring, telinga, kotak suara, dan juga ujung-ujung tulang.

Baca juga: Jaringan Adiposa

  • Melindungi Organ

Jaringan ikat juga dapat melindungi organ tubuh penting seperti otak, tulang belakang, dam persendian dengan tingkat stress yang tinggi seperti lutut dan bahu.

Dilansir dari Teach Me Anatomy, jaringan ikat pada kulit kepala menjaga agar tidak terjadi banyak pendarahan saat pembuluh darah terkoyak.

Pada bahu dan lutut, jaringan ikat tulang rawan hialin menjaga keelastisannya dari penggunaan yang sangat berat oleh manusia. Pada tulang belakang, jaringan ikat fibrocartilage menjaga tulang tetap kokoh walau tersentak berkali-kali.

  • Fungsi Darah

courses.lumenlearning.com Jaringan ikat darah

Dilansir dari Lumen Learning, darah memiliki matriks sehingga termasuk ke dalam jaringan ikat. Hal ini membuat semua fungsi darah seperti transportasi gas, transportasi nutrisi, fungsi kekebalan tubuh, dan regenarasi sel yang rusak menjadi bagian dari fungsi jaringan ikat.

  • Tempat Penyimpanan dan Isolasi

Sel adiposa atau sel lemak adalah salah satu jenis jaringan ikat. Jaringan ikat adiposa berfungsi dalam menyimpan cadangan makanan berupa lemak yang dapat menggantikan karbohidrat dan juga mengisolasi tubuh dengan cara menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Adanya jaringan ikat adiposa memungkinkan hewan tetap hhidup dalam kondisi lingkungan yang dingin.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X