Jaringan Adiposa

Kompas.com - 25/01/2021, 21:07 WIB
Ilustrasi jaringan adiposa Ilustrasi jaringan adiposa

KOMPAS.com - Tahukah kamu bahwa yang membuat manusia ataupun hewan obesitas bukanlah berat badan melainkan keberadaan jaringan adiposa.

Apakah jaringan adiposa itu, karakteristik, dan kegunaannya bagi tubuh manusia? Kita akan mempelajarinya pada materi di bawah ini!

Karakteristik Jaringan Adiposa

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, jaringan adiposa adalah jaringan ikat yang terdiri dari sel lemak atau sel adiposa. Jaringan adiposa memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Terdiri dari sel lemak, sel darah putih, sel saraf, sel endotel, sel darah putih, dan fibroblas.
  • Menyimpan energi dalam bentuk lemak.
  • Ditemukan di bawah kulit, diantara otot, di sekitar jantung, ginjal, dan usus.
  • Bersentuhan langsung dengan pembuluh darah.
  • Menghasilkan hormon untuk membantu proses metabolisme.
  • Terdiri dari jaringan adipose putih, coklat, dan krem.

Baca juga: Perbedaan Lemak Jenuh dan Lemak Tak Jenuh

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Tipe-tipe sel adiposit (sel lemak)

1. Jaringan Adiposa Putih

Jaringan adipose putih terdiri dari sel lemak putih dengan vakuola yang besar dan sedikit mitokondria. Dilansir dari Biology Dictionary, jaringan adipose putih berfungsi sebagai penyimpanan lemak trigliserilda dan sebagai organ endokrin.

Sebagai organ endokrin, jaringan adipose putih dapat melepaskan hormon yang membatu proses metabolisme dan fungsi endokrin. Contoh hormon yang disekresikan jaringan adiposa putih adalah leptin, visfatin, apelin, estrogen, resistin, dan interleukins.

2. Jaringan Adiposa Coklat

Jaringan adiposa coklat terdiri dari sel lemak yang terdiri dari banyak vakuola, mitokondria, dan pembuluh darah yang merubahnya menjadi warna coklat. Dilansir dari ThoughtCo., jaringan adiposa coklat berfungsi untuk membakar energi dan menghasilkan panas.

Lemak coklat banyak dimiliki oleh bayi manusia dan hewan yang baru lahir untuk melindunginya dari hipotermia. Seiring dengan bertambahnya umur, jaringan adiposa coklat akan semakin sedikit.

Jaringan adiposa coklat ini juga berperan penting dalam mempertahankan tubuh hewan yang sedang hibernasi agar tetap hangat dan fungsional.

Baca juga: Fungsi dan Sumber Lemak

3. Jaringan Adiposa Krem

Jaringan adipose krem memiliki fungsi melepaskan panas seperti adipose coklat namun dapat meningkatkan pembakaran energinya tergantung repons terhadap dingin.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X