Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sisingamangaraja XII: Pertahankan Tanah Kelahiran hingga Gugur di Medan Pertempuran

Kompas.com - 05/02/2021, 16:58 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Perjuangan perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajah dilakukan di seluruh nusantara, salah satunya di Sumatera Utara. Pahlawan nasional dari Sumatera Utara adalah Sisingamangaraja XII.

Sisingamangaraja XII merupakan raja ke-12 dari dinasti Sisingamangaraja yang pusat pemerintahannya di Bakkara.

Dalam buku Mengenal Pahlawan Indonesia (2008) oleh Arya Ajisaka, Sisingamangaraja XII lahir di Bakkara, Tapanuli pada 1849.

Memiliki nama asli Patuan Besar Ompu Pulo Batu. Nama Sisingamangaraja XII baru digunakan pada 1867, setelah diangkat menjadi raja menggantikan ayahnya yang wafat akibat sakit.

Baca juga: Biografi Soekarno, Pahlawan Proklamator

Perlawanan kepada Belanda

Pada Februari 1878, Sisingamangaraja XII mulai melawan Belanda untuk mempertahankan daerah kekuasaannya di Tapanuli.

Penyerangan dimulai dari pos-pos Belanda di Bakal Batu, Tarutung. Sejak saat itu penyerangan terhadap pos-pos yang lain terus berlangsung, seperti:

  • Pos Belanda di Uluan dan Balinge berhasil diserang pasukan Sisingamangaraja pada Mei 1833.
  • Pos Belanda di Tangga Batu berhasil dihancurkan pada 1884.

Melihat tindakan Sisingamangaraja XII, Belanda tidak tinggal diam. Pada tahun 1907, Belanda berhasil memperkuat pasukannya dengan persenjataan lengkap dan siap melakukan penyerangan ke daerah Pak-Pak.

Penyerangan tersebut membuat Sisingamangaraja XII kewalahan dan terkepung. Kejadian tersebut membuat Sisingamangaraja XII gugur dalam pertempuran melawan Belanda.

Baca juga: Biografi Sultan Hasanuddin, si Ayam Jantan dari Timur

Dalam buku Kumpulan Pahlawan Indonesia (2012) oleh Mirnawati, wafatnya Sisingamangaraja terjadi pada 17 Juni 1907 dan dimakamkan di daerah Balige, kemudian dipindah ke Pulau Samosir.

Berdasarkan SK Presiden No.590/1961 tanggal 9 November 1961, pemerintah menganugerahi gelar Pahlawan Nasional kepada Sisingamangaraja XII .

Selain itu, untuk mengenang perjuangannya, Sisingamangaraja XII diabadikan menjadi nama jalan di beberapa kota di Indonesia dan digunakan dalam pecahan uang kertas Rp 1.000 pada tahun 1987.

Baca juga: Perang Pattimura Melawan Belanda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com