Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Imago pada Metamorfosis?

Kompas.com - 12/01/2021, 15:07 WIB
Silmi Nurul Utami,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Metamorfosis sempurna maupun metamorfosis yang tidak sempurna, keduanya memiliki tahap akhir yang di sebut dengan imago.

Namun tahukah kamu apa imago sebenarnya? Untuk mengetahuinya, marilah kita simak penjelasan berikut ini!

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, imago adalah hewan dalam tahap akhir fotosintesis. Di tahap akhir, semua pertumbuhan dan perkembangan hewan telah sempurna. Imago memiliki bentuk tubuh, sistem pencernaan, dan sistem reproduksi yang sempurna.

Misalkan pertumbuhan manusia adalah metamorfosis tidak sempurna. Janin dalam perut ibu adalah telur yang berkembang kemudian terlahir menjadi bayi yang disebut nimfa.

Bayi atau nimfa tersebut memang memiliki bentuk tubuh yang sama dengan manusia dewasa tetapi lebih kecil dan rapuh.

Walaupun bentuk tubuhnya sama, namun bayi tidak memiliki kemampuan fisiologis (menggunakan fisiknya seperti bergerak dan berbicara) dan reproduksi yang setara seperti manusia dewasa.

Baca juga: Daur Hidup Katak

 

Bayi tersebut akan tumbuh besar, berbicara, berjalan, dan mencari makan. Bayi atau nimfa tersebut akan terus tumbuh hingga dewasa, inilah yang disebut dengan imago.

Misalkan pada metamorfosis sempurna katak dari telur - kecebong - katak muda - katak dewasa (imago). Dilansri dari ThoughtCo, katak muda masih memiliki insang untuk bernafas dan ekor yang panjang. Ekor ini merupakann cadangan makanan sehingga katak muda tidak perlu berburu.

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Katak muda

Katak muda akan terus tumbuh dengan cadangan makanan dalam ekornya hingga habis. Pada tahap ini ekor katak dan insang telah sepenuhnya menghilang.

Katakpun dinyatakan sebagai imago atau katak dewasa yang bernafas menggunakan paru-paru juga kulit, dapat mencari makanannya sendiri, kaki yang kuat untuk meloncat, dan sistem reproduksi yang telah sempurna.

Pada serangga, imago adalah serangga dewasa yang telah memiliki sayap sempurna dan siap untuk berkembang biak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com