Apa Itu Imago pada Metamorfosis?

Kompas.com - 12/01/2021, 15:07 WIB
Ilustrasi katak air Ulrike LeoneIlustrasi katak air

KOMPAS.com - Metamorfosis sempurna maupun metamorfosis yang tidak sempurna, keduanya memiliki tahap akhir yang di sebut dengan imago.

Namun tahukah kamu apa imago sebenarnya? Untuk mengetahuinya, marilah kita simak penjelasan berikut ini!

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, imago adalah hewan dalam tahap akhir fotosintesis. Di tahap akhir, semua pertumbuhan dan perkembangan hewan telah sempurna. Imago memiliki bentuk tubuh, sistem pencernaan, dan sistem reproduksi yang sempurna.

Misalkan pertumbuhan manusia adalah metamorfosis tidak sempurna. Janin dalam perut ibu adalah telur yang berkembang kemudian terlahir menjadi bayi yang disebut nimfa.

Bayi atau nimfa tersebut memang memiliki bentuk tubuh yang sama dengan manusia dewasa tetapi lebih kecil dan rapuh.

Walaupun bentuk tubuhnya sama, namun bayi tidak memiliki kemampuan fisiologis (menggunakan fisiknya seperti bergerak dan berbicara) dan reproduksi yang setara seperti manusia dewasa.

Baca juga: Daur Hidup Katak

 

Bayi tersebut akan tumbuh besar, berbicara, berjalan, dan mencari makan. Bayi atau nimfa tersebut akan terus tumbuh hingga dewasa, inilah yang disebut dengan imago.

Misalkan pada metamorfosis sempurna katak dari telur - kecebong - katak muda - katak dewasa (imago). Dilansri dari ThoughtCo, katak muda masih memiliki insang untuk bernafas dan ekor yang panjang. Ekor ini merupakann cadangan makanan sehingga katak muda tidak perlu berburu.

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Katak muda

Katak muda akan terus tumbuh dengan cadangan makanan dalam ekornya hingga habis. Pada tahap ini ekor katak dan insang telah sepenuhnya menghilang.

Katakpun dinyatakan sebagai imago atau katak dewasa yang bernafas menggunakan paru-paru juga kulit, dapat mencari makanannya sendiri, kaki yang kuat untuk meloncat, dan sistem reproduksi yang telah sempurna.

Pada serangga, imago adalah serangga dewasa yang telah memiliki sayap sempurna dan siap untuk berkembang biak.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X