Pengaruh Budaya India di Indonesia

Kompas.com - 29/12/2020, 15:24 WIB
Candi Ratu Boko Shutterstock.comCandi Ratu Boko

KOMPAS.com - Penyebaran pengaruh kebudayaan India di Indonesia telah berlangsung sejak masa prasejarah.

Para ahli sejarah Barat biasa memakai istilah Hinduisasi atau Indianisasi untuk menyebut penyebaran kebudayaan di wilayah India dan Asia Tenggara.

Pengaruh kebudayaan India di Indonesia semakin menguat ketika muncul kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha pada abad ke-4 hingga abad ke-15 Masehi.

Dalam buku Sejarah Indonesia masa Hindu-Buddha (2014) karya Suwardono, pengaruh kebudayaan India telah mengakar di semua aspek kehidupan masyarakat Indonesia melalui proses asimilasi dan akulturasi.

Beberapa pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat Indonesia, yaitu:

  • Sistem kepercayaan

Bangsa India merupakan penyebar agama Hindu-Buddha di Indonesia. Pada perkembangannya, agama Hindu-Buddha berakulturasi dengan sistem kepercayaan animisme dan dinamisme.

Baca juga: Tokoh-Tokoh Sejarah pada Masa Hindu, Buddha, dan Islam di Indonesia

Akulturasi dalam bidang sistem kepercayaan dapat kita lihat melalui upacara keagamaan masyarakat kuno Indonesia.

Masyarakat kuno Indonesia tidak hanya menyembah dewa-dewi Hindu atau Buddha, namun juga melakukan pemujaan terhadap roh nenek moyang.

  • Bahasa dan aksara

Pengaruh budaya India dalam bidang bahasa dan aksara terlihat dari penggunaan huruf Pallawa dan bahasa Sanskerta oleh kerajaan Hindu-Buddha Indonesia.

Pada pertengahan abad ke-8 Masehi, huruf Pallawa berakulturasi dengan kebudayaan jawa dan menghasilkan huruf Jawa Kuno atau huruf Kawi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X