Kompas.com - 27/12/2020, 15:00 WIB
Alat musik petik Alat musik petik

KOMPAS.com - Alat musik melodis merupakan salah satu jenis dari alat musik yang dikelompokkan berdasarkan fungsingnya.

Dikutip dari buku Seni Budaya dan Keterampilan (2010) karya J. Paryanto, alat musik terdiri atas dua, yaitu alat musik ritmis (tanpa nada) tidak lain adalah alat musik pukul tanpa nada, yang disebut juga alat musik pukul irama.

Alat musik melodis adalah alat musik yang menghasilkan nada. Di mana alat musik melodis bisa membunyikan melodi dalam lagi secara lengkap. 

Bunyi yang dihasilkan dari alat musik melodis mengatur nada utama dalam sebuah lagu atau musik.

Alat musik ini bisa membunyikan melodi dalam lagu secara lengkap. Bunyi yang dihasilkan alat musik melodis ini mengatur nada utama dalam sebuah lagu atau musik.

Baca juga: Jenis-Jenis Alat Musik Tradisional Mancanegara

Alat musik melodis meliputi alat musik pukul bernada dan alat musik bernada lainnya. Alat musik pukul bernada dapat berfungsi dan digunakan, sebagai alat musik melodi dan alat pukul irama.

Alat musik melodis dikelompokkan jadi beberapa jenis berdasar dari cara memainkan alat musik itu.

Berikut cara memainkan alat musik melodis. 

  • Dipetik

Alat musik melodis yang dimainkan dengan cara dipetik meliputi ada gitar, ukulele, sasando, kecapi, dan mandolin. 

Dikutip dari buku Teknik Paling Praktis Belajar Memainkan Biola dan Gitar (2004) karya Thursan Hakim, gitar adalah salah satu jenis alat musik petik yang memiliki enam buah senar gitar. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X