Servis Bawah dalam Permainan Bola Voli

Kompas.com - 24/12/2020, 13:00 WIB
Suasana pertandingan bola voli indoor putri Asian Games 2018 antara Indonesia dan Jepang di Tennis Indoor Senayan, Gelora Bung Karno, Minggu (19/8/2018) malam. NUGYASA LAKSAMANA/BOLASPORT.COMSuasana pertandingan bola voli indoor putri Asian Games 2018 antara Indonesia dan Jepang di Tennis Indoor Senayan, Gelora Bung Karno, Minggu (19/8/2018) malam.

KOMPAS.com - Permainan bola voli bisa melatih kekompakan serta kerja sama antar anggota dalam satu regu. Voli juga tidak terlalu sulit dimainkan, jika menguasai berbagai teknik dasarnya.

Selain itu, peralatan yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak, sehingga bisa dimainkan di mana saja, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), permainan bola voli adalah aktivitas olahraga yang dilakukan dengan menendang atau memukul bola sebelum jatuh menyentuh tanah.

Ada empat jenis teknik dasar yang patut untuk dipelajari jika ingin bermain voli. Teknik tersebut adalah teknik passing serta teknik service.

Baca juga: Tenis Lapangan: Pengertian dan Sejarahnya

Kedua teknik tersebut dibagi menjadi dua bagian lagi, yakni passing atas, passing bawah, service atas serta service bawah.

 

Passing atas dilakukan dengan kedua tangan diposisikan berada di atas dahi. Sedangkan passing bawah dilakukan dengan merapatkan dan meluruskan kedua tangan di depan tubuh.

Untuk teknik service atas, cara melakukannya dengan menggunakan jari tangan. Servis bawah merupakan teknik yang sangat penting dalam permainan bola voli.

Lalu, bagaimana dengan teknik service bawah?

Baca juga: Teknik Dasar Permainan Tenis Meja

Berikut penjelasannya yang dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud):

  1. Tubuh dalam posisi tegak dan arahkan pandangan mata fokus melihat ke arah depan.
  2. Kaki kiri dilangkahkan ke depan, sedangkan kaki kanan tetap berada di belakang.
  3. Condongkan tubuh ke arah depan sambil memegang bola dengan tangan kiri.
  4. Lempar bola ke atas. Jika tingginya sudah setara dengan pinggang, tangan kanan diayunkan lurus ke depan untuk memukul bola.
  5. Saat memukul bola, posisi telapak tangan bisa terbuka atau tertutup.
  6. Setelah melakukan teknik ini, tubuh kembali ke posisi siap.

Lakukan pemanasan saat akan melakukan teknik service, untuk meminimalisir cedera atau luka pada tangan.

Baca juga: Peraturan Umum Permainan Tenis

Ilustrasi servis bawah dalam permainan bola volikemdikbud Ilustrasi servis bawah dalam permainan bola voli

Dikutip dari buku Jago Bola Voli (2020) karya Ikbal Tawakal, servis bawah merupakan servis yang cukup mudah dilakukan oleh pemain pemula.

Karena dalam melakukan servis bawah tidak membutuhkan tenaga yang lebih dan servis tersebut fokus pada ayunan tangan. 

Biasanya, kesulitan yang sering ditemukan dan terjadi saat melakukan servis bawah adalah perkenaan bola dengan tangan kurang tepat. 

Triknya adalah tangan kita harus berada tepat di belakang bawah bola, sudut dorongan atau ayunan tangan seharusnya memiliki sudut di antara 30-45 derajat ke depan atas. Sehingga bola bisa melewati di atas net. 


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X