Kompas.com - 24/12/2020, 12:30 WIB
Aksi spiker Indonesia, Amalia Fajrina Nabila, di pertandingan Asian Games 2018 cabang bola voli putri melawan Korea Selatan, Rabu (29/8/2018).
INASGOCAksi spiker Indonesia, Amalia Fajrina Nabila, di pertandingan Asian Games 2018 cabang bola voli putri melawan Korea Selatan, Rabu (29/8/2018).

KOMPAS.com - Permainan dengan menggunakan bola besar memiliki banyak jenisnya. Contohnya adalah sepak bola, yang dimainkan dengan cara menendang bola.

Namun, juga ada permainan bola besar yang dilakukan dengan memukulnya memakai tangan. Contohnya adalah permainan bola voli.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), permainan bola voli merupakan salah satu aktivitas olahraga yang dilakukan dengan menendang atau memukul bola sebelum jatuh menyentuh tanah.

Teknik passing dan teknik service dalam permainan bola voli merupakan teknik dasar yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi para pemain voli.

Passing dalam permainan voli dibagi menjadi dua jenis, yaitu teknik passing atas serta teknik passing bawah.

Baca juga: Strategi Serangan dalam Permainan Bola Voli

Sama halnya dengan teknik passing, teknik service dalam permainan voli juga dibagi menjadi dua jenis, yakni teknik service atas dan teknik service bawah.

Bagaimana cara melakukan teknik service atas dalam permainan bola voli?

Servis atas dalam permainan bola voli merupakan salah satu teknik dasar yang sangat penting dalam permainan bola voli.

Dilansir dari situs Active.com, teknik service merupakan teknik serangan dalam permainan bola voli, yang sangat ampuh untuk mematikan lawan dan mencetak poin.

Walau sebagai salah satu teknik serangan, teknik service juga digunakan sebagai langkah untuk membuka permainan bola voli.

Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), teknik service atas dilakukan dengan cara memukul bola dengan menggunakan jari tangan.

Baca juga: Aktivitas Pembelajaran Bermain Tenis Meja

Ilustrasi servis atas dalam permainan bola volikemdikbud Ilustrasi servis atas dalam permainan bola voli
Berikut langkah-langkah melakukan teknik service atas dalam permainan bola voli:

  1. Tubuh dalam posisi tegak dengan pandangan mata fokus melihat ke arah datangnya bola.
  2. Kaki kiri dilangkahkan ke depan. Hal ini dilakukan bersamaan dengan salah satu memegang bola.
  3. Bola dilemparkan ke atas dan dipukul dengan menggunakan jari tangan yang dalam posisi rapat. Bola harus dipukul dengan sekuat tenaga agar bisa mencapai area lawan.
  4. Setelah memukul bola, posisi tubuh harus kembali dalam posisi siap.

Baca juga: Taktik dan Strategi dalam Permainan Tenis Meja

Saat memukul bola dengan teknik service, penting untuk melakukannya dengan sekuat tenaga dan gunakan strategi tertentu jika menggunakan teknik ini sebagai teknik serangan.

Lakukan pemanasan sebelum melakukan teknik service, khususnya pada bagian pergelangan tangan untuk meminimalisir cedera.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X