Kompas.com - 17/12/2020, 13:15 WIB
Atlet Indonesia, Idan Fauzan melakukan lompatan pada Final Lompat Tinggi Galah Putra 18th Asian Games Invitation Tournament di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasaa (13/2/2018). Idan Fauzan berhasil meraih medali emas. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGAtlet Indonesia, Idan Fauzan melakukan lompatan pada Final Lompat Tinggi Galah Putra 18th Asian Games Invitation Tournament di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasaa (13/2/2018). Idan Fauzan berhasil meraih medali emas.

KOMPAS.com - Siapa yang tidak mengenal olahraga lompat tinggi? Olahraga tersebut merupakan salah satu jenis olahraga atletik nomor lompat.

Olahraga lompat tinggi cukup sulit untuk dilakukan. Maka dari itu butuh pelatihan serta penguasaan teknik yang baik dalam melakukannya.

Secara garis besar, lompat tinggi dilakukan dengan berlari kencang untuk bisa melompat setinggi mungkin.

Para atlet harus bisa melompati tiang yang sudah dipasang horizontal dengan ketinggian tertentu.

Lompat tinggi memiliki empat jenis teknik yang hampir serupa dengan teknik dalam lompat jauh.

Teknik tersebut juga bisa dikatakan sebagai empat tahap yang harus dijalani oleh para atlet.

Baca juga: Mengenal Aktivitas Olahraga Lompat Tinggi

Apa sajakah teknik atau tahapan dalam olahraga lompat tinggi?

Teknik atau tahapan dalam lompat tinggi dibagi menjadi empat, yakni approach atau teknik awalan, take-off atau teknik tolakan, flight atau teknik melayang di udara, serta landing atau teknik pendaratan.

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan approach atau teknik awalan dalam lompat tinggi?

Mengutip dari situs Coaches Insider, approach atau teknik awalan dalam lompat tinggi dilakukan dengan berlari cepat atau sprint.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X