Kompas.com - 26/11/2020, 21:19 WIB
Ilustrasi ikatan kimia freepik.comIlustrasi ikatan kimia

KOMPAS.com - Ikatan kimia ada bermacam-macam, Ada ikatan ion, kovalen, dan kovalen koordinat. Simak contoh soal UAS seputar ikatan kimia dan pembahasannya!

Soal 1: Apakah yang dimaksud dengan ikatan ion dan ikatan kovalen, berikan contohnya!

Jawaban:

Ikatan ion adalah ikatan yang terbentuk antar logam dan non logam dan menghasilkan senyawa polar berupa ion-ion dengan muatan yang berbeda. Sedangkan ikatan kovalen adalah ikatan yang terbentuk antar non logam yang menghasilkan senyawa non polar.

Contoh ikatan ion adalah natrium klorida (NaCl) dan asam sulfat (H2SO4), sedangkan contoh contoh ikatan kovalen adalah metana (CH4) dan asam klorida (HCl).

Soal 2: Apakah perbedaan ikatan kovalen dengan ikatan kovalen koordinat?

Jawaban:

Dilansir dari pediaa.com, ikatan kovalen terjadi saat dua unsur yang berbagi pasangan elektron bebasnya, sehingga kedua atom sama-sama menyumbangkan elektron.

Sedangkan kovalen koordinat terjadi saat satu unsur memakai pasangan elektron unsur lain, sehingga hanya satu atom yang menyumbangkan elektron.

Baca juga: Perbedaan Perubahan Kimia dan Fisika

Soal 3: Senyawa m memiliki sifat, yaitu mudah larut dalam air, pada fase cair bersifat konduktor, memiliki titik didih dan titik leleh yang tinggi. Jenis ikatan kimia yang membentuk senyawa m adalah…

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X