Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Soal UAS Kimia: Jenis-Jenis Ikatan Kimia

KOMPAS.com - Ikatan kimia ada bermacam-macam, Ada ikatan ion, kovalen, dan kovalen koordinat. Simak contoh soal UAS seputar ikatan kimia dan pembahasannya!

Soal 1: Apakah yang dimaksud dengan ikatan ion dan ikatan kovalen, berikan contohnya!

Jawaban:

Ikatan ion adalah ikatan yang terbentuk antar logam dan non logam dan menghasilkan senyawa polar berupa ion-ion dengan muatan yang berbeda. Sedangkan ikatan kovalen adalah ikatan yang terbentuk antar non logam yang menghasilkan senyawa non polar.

Contoh ikatan ion adalah natrium klorida (NaCl) dan asam sulfat (H2SO4), sedangkan contoh contoh ikatan kovalen adalah metana (CH4) dan asam klorida (HCl).

Soal 2: Apakah perbedaan ikatan kovalen dengan ikatan kovalen koordinat?

Jawaban:

Dilansir dari pediaa.com, ikatan kovalen terjadi saat dua unsur yang berbagi pasangan elektron bebasnya, sehingga kedua atom sama-sama menyumbangkan elektron.

Sedangkan kovalen koordinat terjadi saat satu unsur memakai pasangan elektron unsur lain, sehingga hanya satu atom yang menyumbangkan elektron.

Soal 3: Senyawa m memiliki sifat, yaitu mudah larut dalam air, pada fase cair bersifat konduktor, memiliki titik didih dan titik leleh yang tinggi. Jenis ikatan kimia yang membentuk senyawa m adalah…

  1. Ion
  2. Logam
  3. Hidrogen
  4. Kovalen polar
  5. Kovalen non polar

Jawaban:

Jenis ikatan kimia yang membentuk senyawa m adalah A.

Dilansir dari thoughtco.com, ikatan ion memiliki ciri-ciri titik didih dan titik leleh yang tinggi, bersifat keras namun tidak lentur, dan kebanyakan berupa kristal. Senyawa ion bila dilarutkan dalam air atau dalam fase cair, dapat menghantarkan listrik atau bertindak sebagai konduktor.

Ikatan kovalen koordinasi ditunjukkan oleh nomor…

  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)

Jawaban: Ditunjukkan pada nomor A. (1)

Nomer (1) adalah ikatan kovalen koordinat karena hanya inti hidrogen tanpa elektron yang berikatan dengan unsur N, jadi unsur hidrogen menggunakan dua elektron N secara bersamaan.

Nomer (2) menunjukkan ikatan ion, karena mengikat unsur logam natrium dan unsul klorin yang bersifat non logam. Nomor (3) menunjukkan ikatan kovalen antar unsur H dan N.

https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/26/211925469/soal-uas-kimia-jenis-jenis-ikatan-kimia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke