Kompas.com - 26/11/2020, 16:53 WIB
Ilustrasi gerak jatuh bebas dari sebuah apel yang jatuh pada kepala Sir Isaac Newton Ilustrasi gerak jatuh bebas dari sebuah apel yang jatuh pada kepala Sir Isaac Newton

KOMPAS.com - Gerak Vertikal ke Atas (GVA) merupakan gerak benda yang dilempar vertikal ke atas dengan kecepatan awal. Benda akan diperlambat dari tanah menuju ketinggian maksimum, dan dipercepat dari ketinggian maksimum menuju kembali ke tanah.

Gerak Jatuh Bebas (GJB) merupakan gerak benda yang jatuh dari suatu ketinggian tertentu tanpa adanya kecepatan awal (v0 = 0).

Mari kita simak beberapa contoh soal untuk menyelesaikan permasalahan GVA dan GJB.

  • Diketahui suatu benda ditembakkan vertikal ke atas dengan kecepatan awal 200 m/s dan percepatan gravitasinya 10 m/s^2. Tentukan ketinggian maksimum yang dapat dicapai benda.

Penyelesaian:

KOMPAS.com/RISYA FAUZIYYAH Penyelesaian untuk menentukan ketinggian maksimum untuk kasus gerak vertikal ke atas

Baca juga: Perbedaan Gerak Jatuh Bebas, Gerak Vertikal ke Atas dan ke Bawah

  • Diketahui suatu benda dijatuhkan dari puncak menara tanpa kecepatan awal. Benda mencapai permukaan tanah setelah 2 detik kemudian dan diketahui percepatan gravitasinya 10 m/s^2. Tentukan ketinggian menara tersebut.

Penyelesaian dengan perumusan gerak jatuh bebas:

KOMPAS.com/RISYA FAUZIYYAH Penyelesaian dengan perumusan gerak jatuh bebas untuk menentukan ketinggian

Penyelesaian dengan persamaan gerak lurus berubah beraturan:

KOMPAS.com/RISYA FAUZIYYAH Penyelesaian dengan perumusan glbb untuk menentukan ketinggian pada gerak jatuh bebas

Baca juga: Hukum Gravitasi Newton

(Sumber: Kompas.com/[Risya Fauziyyah] | Editor: [Rigel Raimarda])


Sumber kompas.com
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X