Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sifat-Sifat pada Integral Tak Tentu

Kompas.com - 25/11/2020, 14:45 WIB
Risya Fauziyyah,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mungkin kalian telah mengetahui konsep dan bentuk integral, sekarang apakah kalian mengetahui persamaan apa saja yang menunjukkan sifat pada integral?

Pada pembahasan ini kita akan mempelajari apa saja persamaan yang digunakan dalam menyelesaikan integral fungsi aljabar dan integral fungsi trigonometri.

Pada dasarnya, dilansir dari Encyclopedia Britannica, integral dibagi menjadi integral tak tentu (indefinite integral) dan integral tentu (definite integral), di mana integral tak tentu merupakan suatu fungsi baru yang turunannya merupakan fungsi aslinya.

Sedangkan integral tentu merupakan nilai yang sama dengan area di bawah grafik suatu fugsi pada beberapa interval tertentu.

Definisi dari integral sendiri dinyatakan apabila F merupakan integral dari f, maka F adalah fungsi yang bersifat F'(x) = f(x) (turunan pertama dari integral F merupakan fungsi asal f).

Baca juga: Bentuk Integral Tak Tentu

Pada integral tak tentu, menyatakan bahwa hasilnya selalu ditambah dengan sebuah konstanta yang sifatnya dapat berubah-ubah. Secara matematis persamaan pengintegralan tak tentu memiliki bentuk seperti di bawah ini:

KOMPAS.com/RISYA FAUZIYYAH Persamaan dalam menemukan konsep integral, dimana n merupakan bilangan rasional dan n tidak sama dengan -1, a dan c merupakan konstanta real.

Integral juga memiliki beberapa sifat yang perlu untuk diketahui agar dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan dalam bentuk integral.

Beberapa sifat di bawah ini dimisalkan k merupakan bilangan real, f(x) dan g(x) merupakan fungsi yang dapat diketahui integralnya. Sehingga secara matematis sifat-sifat integral fungsi aljabar yaitu:

KOMPAS.com/RISYA FAUZIYYAH Sifat pada integral fungsi aljabar

Baca juga: Mencari Luas Daerah yang Diarsir dengan Integral

Selain itu juga integral fungsi terdiri dari beberapa sifat fungsi trigonometri yang dapat dinyatakan dengan persamaan di bawah ini:

KOMPAS.com/RISYA FAUZIYYAH Sifat pada integral fungsi trigonometri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com