Kompas.com - 25/11/2020, 14:18 WIB
Ilustrasi golongan darah ShutterstockIlustrasi golongan darah

KOMPAS.com - Apakah golongan darahmu? A, B, C, atau AB? Tunggu dulu, tidak ada golongan darah C.

Hanya ada empat golongan darah pada manusia yaitu golongan darah A, B, O, dan AB. Lalu bagaimanakah penentuan golongan darah seorang anak?

Dilansir dari The Nobel Prize, pada tahun 1909, Karl Landsteiner, seorang ilmuwan asal Austria mengklasifikasikan darah manusia kedalam empat golongan yaitu A, B, AB, dan O.

Berkat penemuannya itu, Landsteiner dianugerahi Nobel fisiologi dan kedokteran pada tahun 1930.

Tahukah kamu bahwa ada tiga alel gen yang mengatur golongan darah manusia, yaitu alel A, alel B, dan alel O. Dilansir dari Baylor Scott and White, gen A dan B bersifat dominan, sedangkan gen O bersifat resesif.

Golongan Darah A dan Golongan darah A

Jika seorang wanita bergolongan darah A genotype AA menikah dengan pria bergolongan darah A genotype AA, semua anaknya akan memiliki golongan darah A.

Baca juga: Dua Penelitian Terbaru Perkuat Bukti Pemilik Golongan Darah O Lebih Kebal Covid-19

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 Namun ada kemungkinan lain jika genotype nya adalah AO. Seseorang yang bergolongan darah A dapat bergenotipe AA atau AO, karena A dominan terhadap O.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Pewarisan golongan darah A homozigot

Jika seorang wanita dengan golongan darah A gentipe AO menikah dengan seorang pria bergolongan darah A dengan genotip AO, jangan kaget jika ada anaknya yang bergolongan darah O.

Dari table terlihat bahwa keturuannya kemungkinan 75% bergolongan darah A dan 25% bergolongan darah O.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X